8 Pelajaran Hidup yang Dipetik Saat Traveling

01-04-2017 08:04:26 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Bagi sebagian orang traveling telah menjadi candu. Ada banyak alasan yang menyebabkan orang ketagihan dalam berpergian, bukan melulu tentang kabur dari rutinitas, tetapi karena traveling bisa memberikan pelajaran berharga tentang hidup.

Kata orang bijak, jalan-jalan adalah guru kehidupan terbaik bagi kita. Traveling dapat memperluas pikiran, mengembangkan empati budaya dan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik akan dunia. Dan yang tak kalah penting pengalaman ini tidak hanya meningkatkan keterampilan sosial, tetapi merupakan kunci untuk membantu menjadi warga dunia yang lebih baik.

Tidak hanya itu, traveling juga memberikan banyak pelajaran praktikal yang didapat, seperti yang terangkum dibawah ini.

 Jalan Tak Pernah Mulus. Jangan Pernah Putus Asa.

Dalam berpergian, traveler yang baik selain menentukan tempat tujuan juga merencanakan kapan dan bagaimana mencapai tempat tersebut. Namun kadang kala apa yang telah direncanakan tidak sesuai dengan kenyataan, ada banyak obstacle selama perjalanan. Pelajarannya adalah jangan pernah putus asa, karena hambatan akan selalu ada.

Belajar sabar, expected unexpected

Banyak hal yang dapat terjadi ketika traveling, dan tidak selalu segala sesuatunya berjalan sesuai rencana. Jadwal pesawat yang delay, macet di perjalanan, cuaca yang tidak bersahabat mungkin dapat mengganggu rencana perjalanan kita. Ajarkan anak-anak kita bahwa tidak selalu apa yang kita inginkan dapat terlaksana, dan ajarkan mereka untuk dapat menghadapi situasi seperti itu. Juga ajak mereka untuk mendiskusikan rencana cadangan apabila kita sampai harus batal mengunjungi suatu tempat.

S.T.O.P

Adalah akronim dari S -Stop, T – Thingking, O -Observasi, P- Planning. Langkah ini biasa digunakan oleh para pendaki gunung ketika tersesat. Langkah STOP ini memungkinkan pendaki gunung berpikir jernih dalam mengambil keputusan tanpa panik dalam keadaan tersesat.

Apabila Bersalah. Akui dan Minta Maaf. Berjiwa Besar

Manusia adalah makhluk sosial, dan tak lepas dari kesalahan. Namun, sekarang orang-orang suka lupa untuk meminta maaf saat mereka bersalah. Padahal, minta maaf itu penting, sama pentingnya saat tidak tahu peraturan di kota lain dan berbuat kesalahan, dan langsung meminta maaf kepada orang-orang disekitar.

Uang, Uang, dan Uang Tak Akan Pernah Menyelesaikan Masalahmu.

Uang memang membantu, namun bukan solusi. Ketika sedang bepergian, dibutuhkan keberanian, insting, bahkan kerjasama kalau ingin pergi dengan rombongan.

Bertindak Sok Keren = Norak

Jika tertarik untuk mengikuti orang-orang yang tidak 'jelas' dan mudah percaya begitu saja sebelum mengetahui lebih lanjut, tentu akan membahayakan diri sendiri. Sama seperti dalam kehidupan, hendaknya mencari tahu dengan pasti sebelum mengambil langkah, supaya tidak salah dalam mengambil keputusan.

Pengetahuan Terbaik untuk Kehidupan bukan Sekolah, Tetapi dari Pengalaman Hidup

Sekolah hanya menceritakan yang indah, dan bukan lika liku didalamnya. Pengalaman hidup akan mengajarkan segala hal, mulai dari sukacita sampai duka yang mendalam.

Semakin Mengetahui Banyak Hal, Semakin Tak Tahu Apapun

Banyak misteri didunia ini yang tidak diketahui, bahkan selamanya tak akan terpecahkan. Jadi, jangan pernah sok tau dan sok pintar, karena setiap orang memiliki keahlian dan kekurangan masing-masing. Hargailah orang-orang disekitar, karena ta ada yang tak tahu betapa berharganya mereka nanti dikemudian hari.