Apa yang Sebenarnya Terjadi Ketika Mimpi Buruk?

31-03-2017 12:03:13 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Mimpi adalah sebuah kejadian bawah sadar yang bisa wajar dialami siapapun. Bunga tidur ini terjadi saat memasuki fase yang dinamakan REM (Rapid Eye Movement). Mimpi juga bukan hal yang perliu dikhawatirkan, sebab otak kita sangat diuntungkan karena dapat mengetahui dan memahami apa yang terjadi pada diri kita setiap harinya.

Termasuk juga dengan mimpi buruk yang kadang kita alami. Mimpi buruk biasa terjadi apabila kondisi tubuh sedang kelelahan atau penurunan kualitas tidur. Dalam keadaan tersebut maka memungkinkan untuk terjadi luapan emosi, gangguan pernapasan atau juga perubahan hormonal sehingga fase REM tadi terganggu. Dan hal tersebut masih tergolong wajar.

Ketika kondisi kita telah pulih dan pola serta kualitas tidur juga kembali normal maka fase bawah sadar pun akan normal pula. Nah yang bisa menjadi khawatir adalah mimpi buruk tersebut terjadi setiap hari, karena akan mengganggu kualitas tidur dan berimbas pada aktivitas yang rutin dilakukan pagi hari serta kesehatan.

Bila demikian kasusnya yang terjadi, ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut seperti gangguan pada jantung. Seseorang yang menderita penyakit jantung menurut sejumlah penelitian disebutkan bahwa mimpi buruk ada kaitannya dengan gangguan irama jantung. Detak jantung meningkat pada orang yang mengalami mimpi buruk.

Selain gangguan jantung, mimpi buruk juga terjadi karena stress, trauma, gangguan psikologi, sleep apnea atau napas yang berhenti pada saat tidur. Untuk contoh kasus pada sleep apnea ini bisa jadi pernah dialami oleh banyak orang. Ketika seseorang tidur dan bermimpi sedang dicekik atau tengah tenggelam, padahal kondisi yang sebenarnya terjadi adalah napas kita tersumbat dan otak kekurangan oksigen.

Jika Anda mengalami gangguan tidur seperti disebutkan diatas sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan sesegera mungkin agar tidak berlarut sehingga menimbulkan gangguan kesehatan yang lain.