Jakarta Ekspose: Menara Air, Peninggalan Bersejarah yang Bernuansa Mistis

29-03-2017 07:03:01 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Pada zaman penjajahan silam, banyak tempat atau fasilitas penting yang dibangun oleh pemerintah colonial. Dari banyaknya bangunan bersejarah yang menjadi peninggalan masa penjajahan, ada yang beberapa yang menjadi situs sejarah dan ada pula yang kurang mendapat perhatian pemerintah.

Salah satunya adalah Menara Air yang berada di daerah Manggarai, Jakarta Selatan. Dahulu bangunan ini berfungsi untuk menyalurkan air di daerah Jakarta. Air yang didistribusikan tersebut mengalir dengan menggunakan teknologi bejana berhubungan dari sumber air di Bogor untuk memenuhi dua tangki di dalam Menara tesebut.

Tak disangka bangunan dengan tinggi 30 meter itu hampir berumur seratus tahun. Dibuat pada sekitar tahun 1918 oleh pemerintah HIndia Belanda pada saat itu masih berdiri kokoh, namun sayang tidak terjaga dengan baik.

Ketika JakartaVenue mendatangi tempat ini, pada halaman terdapat mushala yang digunakan warga sekitar untuk beribadah, ada pula anak-anak sedang bermain di pekarangan bangunan bergaya Eropa itu, serta ada seorang lelaki setengah baya yang sedang membersihkan rumput. Kami langsung menghampiri pria tersebut menanyakan informasi untuk memasuiki gedung.

Sangat disayangkan ternyata pintu masuk pada saat itu tertutup dan yang memegang kunci sedang tidak ada ditempat dan kami hanya bisa menggali informasi dari warga. Berdasarkan informasi warga, di dalam menara ada pipa-pipa besar dan tangki besar.

“Di dalam cuma ada pipa-pipa dan tangki besar, dulunya untuk menyalurkan air ke rumah-rumah dan bangunan sekitar sini, juga tersambung ke Baliyasa Manggarai” terang Rahmat, pria berumur 83 tahun yang sudah lama tinggal di sekitar Menara Air.

Sayangnya bukan dijadikan cagar budaya dan menjadi tempat wisata bersejarah kota Jakarta, tempat ini malah menjadi tempat angker yang sering dijadikan pembicaraan karena kengkerannya. Jelas saja dibilang angker, bagian luar tampak tembok yang membungkus bangunan banyak yang terkelupas dan runtuh. Pada salah satu tembok terdapat tulisan yang menyatakan bahwa bangunan ini merupakan aset dari PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Ada saja cerita-cerita yang beredar di masyarakat tentang hal mistis dari tempat ini. Karena keangkerannya, bangunan bersejarah itu pernah dijadikan lokasi syuting untuk uji nyali acara reality show beberapa stasiun televise yang sangat kental dengan nuansa mistis. Tetapi pernah beberapa waktu lampau sempat juga dijadikan tempat pembuatan video klip band rock Boomerang. Semoga Menara Air bersejarah ini dapat ditindak lanjuti oleh Pemerintah Daerah ataupun PT Kereta Api Indonesia untuk dijadikan cagar budaya atau situs sejarah kota Jakarta.

Foto: Ganest Af Lianto