Fakta Menarik, Durian Ampuh Halau Stress

29-03-2017 01:03:03 By Addo Richard
img

JakartaVenue - Ternyata tak hanya lezat dan banyak digemari, buah Durian memiliki kontribusi bagi dunia kesehatan.  Zat antioksidant dan polyphenol yang banyak terkandung dalam buah durian dikatakan memiliki kemampuan yang lebih tinggi daripada antioksidan yang berupa vitamin. Sedangkan durian memiliki kedua jenis antioksidan ini, baik vitamin (vit C) maupun non-vitamin. Phytosterol juga merupakan zat penting yang banyak dikandung durian.

Seorang penulis dari Thailand mengatakan bahwa kandungan nutrisi durian berkelas ‘bintang lima’. Di antara kandungan nutrisi yang penting tersebut adalah vit B, vit C, zat besi, kalium, magnesium, fosfor, seng, thiamin, riblofavin, omega 3 dan 6. Selain itu durian juga banyak mengandung phytonurient, polyphenol, phytosterol, antioksidan, organosulfur, dan tryptophan. Di samping itu juga zat gizi umum seperti karbohidrat, lemak tak jenuh dan protein.

Menurut tim peneliti dari Ohio State University, phytonutrient yang terkandung dalam buah durian diklaim mampu mematikan zat penyebab kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah kanker, diabetes, serta penyakit jantung. Namun, kandungan gizi yang terdapat pada durian ternyata ampuh sebagai penghalau stress.

Zat tryptophan yang ada pada durian merupakan asam amino yang akan berubah di dalam tubuh menjadi serotonin. Ini adalah hormon yang akan membuat tubuh terasa lebih rileks, meningkatkan mood dan membuat perasaan lebih ringan dan gembira. Perpaduan antara tryptophan dan vitamin B6 akan membuat perasaan Anda senang dan ringan. Dan tidak hanya itu, kedua zat ini juga akan menjauhkan Anda dari ancaman depresi yang menakutkan.