Melihat sosok Saridjah Niung yang Menjadi Doodle Google 26 Maret kemarin

27-03-2017 02:03:18 By Addo Richard
img

JakartaVenue | Ada yang beda dengan laman utama atau 'Doodle' Google pada hari Minggu, 26 Maret kemarin, nampak sosok wanita sedang bernyanyi. Siapakah sosok wanita tersebut, dan mengapa mesin pencari terpopuler Google menampilkan sosok tersebut menjadi doodle mereka,? berikut ulasannya.

Sosok yang ada di doodle google kemarin adalah sosok bernama Saridjah Niung atau yang lebih dikenal sebagai "Ibu Soed" merupakan salah satu tokoh legendaris Tanah Air. Dirinya  adalah seorang pemusik, guru musik, pencipta lagu anak-anak, penyiar radio, dramawan dan seniman batik Indonesia. Lagu-lagu yang diciptakan Ibu Soed sangat terkenal di kalangan pendidikan Taman Kanak-kanak Indonesia.

Saridjah lahir sebagai putri bungsu dari dua belas orang bersaudara. Ayah kandung Saridjah adalah Mohamad Niung, seorang pelaut asal Bugis yang menetap lama di Sukabumi kemudian menjadi pengawal J.F. Kramer. Pada tahun 1927, ia menjadi Istri Raden Bintang Soedibjo, dan ia pun kemudian dikenal dengan panggilan Ibu Soed, singkatan dari Soedibjo.

Ibu Soed dikenal sebagai tokoh musik tiga zaman (Belanda, Jepang, Indonesia). Kariernya di bidang musik bahkan sudah dimulai jauh sebelum kemerdekaan Indonesia. Suaranya pertama kali disiarkan dari radio NIROM Jakarta periode 1927-1928.

Banyak lagu Ibu Soed yang menjadi lagu populer abadi, beberapa antara lain: Hai Becak, Burung Kutilang, dan Kupu-kupu. Ketika genting rumah sewaannya di Jalan Kramat, Jakarta, bocor, ia membuat lagu Tik Tik Bunyi Hujan. Lagu wajib nasional yang dia ciptakan adalah Berkibarlah Benderaku dan Tanah Airku [note 1]. Lagu-lagunya yang lain banyak yang juga telah menjadi populer, a.l. Nenek Moyang, Lagu Gembira, Kereta Apiku, Lagu Bermain, Menanam Jagung, Pergi Belajar, Himne Kemerdekaan, dll.

Melihat jasa-jasa serta kontribusi wanita kelahiran Sukabumi, 26 maret 1908 dan wafat pada tahun 1993 ini dalam dunia pendidikan serta musik, hal ini yang menjadi dasar google menjadikan sosok ini sebagai doodle mereka tepat di hari kelahiran Ibu Soed.