Setelah Weekend Hati-Hati Kolesterol, Turunkan Dengan Makanan Ini

26-03-2017 08:03:24 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Mengisi kegiatan libur akhir pekan memang selalu menyenangkan, apalagi didalamnya ada yang namanya acara makan-makan. Apapun itu aktifitasnya, dengan siapa menjalaninya pasti akan bertemu momen santap bersama. Seringkali karena terbawa suasana yang penuh keceriaan dan kehangatan kumpul bersama sehingga lupa memperhatikan makanan yang kita makan, akibatnya gangguan kesehatan akan timbul seperti salah satunya adalah kolesterol.

Kolesterol merupakan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh yang terdapat dalam darah. Selain diproduksi oleh tubuh secara alami, kolesterol juga didapat dari makanan. Jenis makanan yang masuk dalam tubuh kita kadang sulit untuk kita kontrol karena kondisi yang telah disebut diatas misal terbawa euphoria liburan sehingga jumlah kolesterol yang masuk pun tidak terjaga.

Kolesterol yang memberi dampak negatif atau sering disebut kolesterol jahat adalah LDL (low-density lipoprotein) bisa mengakibatkan risiko penyakit jantung. Sebaliknya yang mampu meredam risiko penyakit tersebut adalah kolesterol baik  HDL (high-density lipoprotein).

Jika setelah menghabiskan akhir pekan dan kemudian menyadari bahwa banyaknya makanan yang tidak terkontrol masuk dalam tubuh, maka saatnya untuk mengatasi potensi naiknya kolesterol. Berikut makanan, minuman dan buah-buahan yang bisa membantu mengatasi kolesterol:

  • Ikan Salmon mengandung banyak omega-3 yang sangat berguna untuk menekan LDL
  • Bawang Putih dari dulu hingga sekarang telah digunakan untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah serta mencegah pembekuan darah
  • Tempe berasal dari kedelai yang merupakan kacang-kacangan, memiliki niacin dan juga isoflavon yang sangat ampuh menurunkan kolesterol
  • Kacang Merah, Almond dan Walnut adalah makanan rendah lemak yang mengandung vitamin E, magnesium, dan phytochemical sehingga baik untuk jantung
  • Apel yang dimakan dengan kulitnya mengandung pektin dan antioksidan paling banyalk berkhasiat menurunlan kelosterol
  • Anggur selain memiliki cukup serat, terdapat pula zat catechin yang sangat baik dalam menurunkan kolesterol
  • Alpukat banyak mengandung asam lemak tak jenuh yang baik untuk menurunkan kolesterol jahat
  • Teh bisa menurunkan kolesterol karena mengandung antioksidan flavonoid yang mencegah oksidasi yang menyebabkan LDL menumpuk di pembuluh darah.