Mampir ke Purwakarta, Nikmati Air Mancur Menari Terbesar di Asia Tenggara

25-03-2017 02:03:40 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Bagi mereka yang mengisi liburan panjang dengan berpergian ke luar kota, tak ada salahnya untuk mampir ke Purwakarta. Pasalnya, di kota yang selama ini dikenal sebagai kawasan industri ini mempunyai ikon unik.

Adalah air mancur Taman Sir Baduga. Berlokasi tepat di alun-alun kota Purwakarta ini, air mancur ini adalah air mancur menari yang menampilkan pertunjukan dengan teknologi teranyar. Air mancur ini pun digadang-gadang sebagai yang terbesar di Asia Tenggara.

Pertunjukan air mancur Taman Sri Baduga berdurasi 20 menit. Terdiri dari dua bagian yang masing-masing menampilkan permainan air, baik di tengah maupun sekitaran danau. Selama pertunjukan penonton akan disuguhkan dengan permainan air yang memukau.

Ada yang membumbung tinggi juga meliuk-liuk mengikuti aluran irama musik, ditambah tembakan sinar laser yang memberi kesan futuristik.

Pertunjukan juga dipercantik dengan pencahayaan mengandalkan lima warna dominan. Yakni biru, merah, kuning, hijau dan ungu yang menggambarkan tentang keragaman suku, ras, agama dan budaya yang dibingkai dalam Bhineka Tunggal Ika dan falsafah Pancasila. 

Terhitung sejak diresmikan itu, pertunjukan air mancur di Taman Air ‎Mancur Sribaduga bisa dinikmati setiap malam minggu. Ada dua sesi pertunjukan, yaitu pukul 19.00 WIB dan pukul 21.30 WIB.

Ada yang menarik di balik megahnya air mancur Sri Baduga Maha RajaSosok itu ialah patung Sri Baduga, atau lebih dikenal dengan Prabu Siliwangi, dari kerajaan Sunda. Patung itu berdiri megah di tengah tengah air mancur terbesar se-Asia tenggara itu.

Sri Baduga Maha Raja Prabu Siliwangi, adalah sosok raja yang membangun kepemimpinannya melalui nilai kasih sayang. Sehingga dalam memimpin kerajaan dia memiliki sisi sosial dan komunal yang tidak bersifat individu, yaitu dengan mengutamakan gotong royong.

Selain itu, Prabu Siliwangi merupakan visioner dalam berbagai bidang, mulai dari mengenal teknologi bagaimana membuat sistem saluran irigasi untuk pertanian, bahkan sebagai sarana transportasi.

Penulis : Zacrafter
Foto : Istimewa