Menengok Komunitas Lari Terbesar di Indonesia

23-03-2017 11:03:20 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Kalo kata om wikipedia, Lari adalah salah satu cabang olahraga tertua di dunia. Sebelum menjadi sebuah cabang olahraga, lari sudah dikenal oleh peradaban-peradaban manusia kuno. Olahraga ini terbukti sebagai olahraga paling murah dan efektif serta dapat dilakukan siapa saja dan berbagai usia. 

Di Indonesia sendiri, olahraga lari telah menjadi budaya hidup, salah satunya adalah komunitas yang menjadikan olahraga lari sebagai kagiatan yang menyenangkan. Komunitas ini bernama "Indo Runners," yang terbentuk sejak 2009 silam yang saat ini menjadi komunitas lari terbesar di Indonesia. Hingga saat ini sebanyak lebih dari 20.000 member yang tersebar di seluruh Indonesia. Berawal dari sebuah lomba virtual yang diadakan untuk suatu situs alat olah raga, dimana dalam kegiatan tersebut berhasil menarik minat banyak orang untuk berpartisipasi, awalnya hanya terdiri dari 30 anggota berkembang pesat. Reza Puspo, orang yang berada dibalik terbentuknya komunitas Indo Runners ini. 

Rezo Puspo menyampaikan, "manfaat lari tidak hanya sekedar untuk meningkatkan kesehatan tubuh, tetapi juga sebagai salah satu cara untuk menghindari kejenuhan terhadap kota Jakarta yang ia temui setiap hari. Lari bisa memberikan semangat dan kebebasan yang berbeda, dan yang jelas menurutnya lari adalah olahraga paling murah. Kepedulian Reza terhadap olah raga lari ini didukung dengan banyaknya pecinta olah raga lari yang didapatinya di kawasan Sudirman. Hal itu membuatnya tergerak untuk mengajak Yomi Wardana, Yasha Chatab, Mayla Fayza, dan Hafiz untuk membentuk Indo Runners".

 Sebagai komunitas yang memiliki banyak anggota yang tersebar di banyak daerah melalui akun jejaring sosial, Indo Runners banyak diajak berbagai perusahaan dan brand ternama menjadi Community Partner. Indo Runners diminta berpartisipasi dalam kegiatan aktifasi yang diselenggarakan oleh pihak yang ingin berkerja sama, beberapa kegiatannya seperti Car Free Day atau lari maraton. Dengan motto mengusung motto “Mari Lari”, Indo Runners mengharapkan akan dapat mengajak masyarakat Indonesia untuk melakukan olahraga lari.

Selama hampir delapan tahun terbentuk, sudah banyak kegiatan yang dilakukan Indo Runners, di antaranya adalah lari bareng setiap hari kamis malam, yang disebut Thursday Night Run, dan hari minggu, atau biasa disebut Sunday Morning Run. Kegiatan Thursday Night Run diadakan setiap Kamis pada pukul 19.30 malam, yang dimulai di fX, Senayan dan kembali lagi di titik berkumpul. Sedangkan Sunday Morning, diadakan setiap hari minggu pada pukul 06.00 pagi. Jarak lari yang ditempuh, berkisar dari 3 hingga 9 km. Tetapi bagi yang masih merasa kurang, dapat melanjutkan berlari sesuai dengan kemampuannya sendiri.

 

Penulis: Irza Noorfityah
Foto: Istimewa