Sebuah Masjid Berbentuk Unik di Semarang yang Menarik Perhatian Wisatawan

23-03-2017 10:03:56 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue | Masjid selain sebagai salah satu tempat ibadah juga dapat berfungsi sebagai salah satu tempat wisata ziarah bagi umat muslim. Hal ini dikarenakan banyak bangunan masjid yang didirikan merupakan bangunan yang mempunyai nilai sejarah, terletak di area wisata ziarah, atau bentuknya yang unik. Seperti masjid “Bahtera Nabi Nuh” yang ada di kota Semarang yang bangunannya memang mirip sebuah perahu atau bahtera. Karena keunikan bentuknya ini, maka selain sebagai tempat beribadah masjid Bahtera Nabi Nuh ini juga menjadi tempat wisata ziarah.

Sebelumnya kota Semarang sudah mempunyai sebuah masjid yang juga terbilang unik, yaitu masjid Masjid Raya nan megah yang menggunakan teknologi payung sehingga bisa di buka-tutup. Kembali ke Masjid Bahtera Nabi Nuh yang dibangun di atas tanah seluas 2.500 meter persegi ini, konon dibangun memang karena terinspirasi oleh Bahtera Nabi Nuh. Berada dijalan Kyai Padak, Kelurahan Podorejo-kecamatan Ngaliyan ini memang menjadi sebuah destinasi wisata baru yang mulai ramai dikunjungi orang (dilansir dari liputan6.com).

Diterangkan oleh seorang pengurus masjid, bahwa kenapa Masjid ini dibangun mirip dengan bentuk bahtera Nabi Nuh adalah supaya setiap jamaah/orang yang datang beribadah dan sholat di masjid Bahtera Nabi Nuh mengingat kisah Nabi Nuh, terlebih Sang Pencipta. Selain sebagai tempat ibadah yang unik dan menarik, Masjdi Bahtera nabi Nuh juga mencoba mengedukasi tentang sejarah dimana umat Tuhan diselamatkan dari banjir dahsyat dengan bahtera Nabi Nuh.

Meskipun tahap pembanguna masjid ini masih 90%, tak mengubah orang datang untuk beribadah dan melihat dari dekat seperti apa masjid Bahtera Nabi Nuh ini. Bukan hanya bangunan tampak luarnya saja, melainkan juga interior dalamnya yang memang didisain sedemikian rupa dengan bahtera/kapal antara lain terdapat jendela bulat, buritan, ruang kemudi, haluan, dan aksesoris lainnya.