Inilah Profil Joey Alexander, Pianis Muda Indonesia yang Mendunia

20-03-2017 08:03:10 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Josiah Alexander Sila atau yang lebih dikenal dengan Joey Alexander yang lahir di Denpasar Bali pada tanggal 25 mei 2003, anak dari pasangan Denny Sila dan Farah Leonora Urbach ini yang sekarang telah berumur 13 tahun adalah seorang pianis jazz muda terkenal yang berasal dari Indonesia.

Bermula dari seringnya mendengarkan album klasik milik ayahnya, yang adalah seorang musisi amatir dan penggemar music jazz. Saat usianya menginjak enam tahun, ayahnya menghadiahkan sebuah keyboard listrik kecil. Dan sejak aat itu Joey kecil mulai belajar bermain piano, yang dilakukan secara otodidak.

Dalam usianya yang masih sangat muda yaitu berumur 7 tahun, ia sudah meguasai teknik permainan piano dan improvisasi yang sangat penting dalam aliran musik jazz. Bukan hanya menguasai teknik permainan piano, ia juga merilis album perdananya yang berjudul “My Favorite Things” yang dirilis pada tanggal 12 Mei 2015 di usia 11 tahun di bawah Motema Record, New York. Melalui album ini Joey mendapat nominasi Anugerah Grammy untuk dua kategori yaitu Best Instrumental Jazz Album (“My Favorite Things”) dan Best Jazz Solo Improvisation (Giant Step dari album tersebut). Ia juga berkesempatan tampil sepanggung dengan Adele, Taylor Swift, Ed Sheeran, Bruno Mars Dll di Grammy Awards 2016. Sang ayah yang menganut agama Kristen, percaya apa yang dimiliki anaknya adalah “anugerah dari Tuhan”.

 

Penulis : Chintya
Foto : Istimewa