Album Terbaru Ridho Tanpa SLANK

20-03-2017 01:03:47 By Addo Richard
img

JakartaVenue | Ditengah lesunya industri musik tanah air, Mohammad Ridwan Hafiedz atau Ridho yang merupakan gitaris dari 'SLANK' segera merilis album terbarunya yang rencananya akan dirilis dalam waktu dekat. Album ini bertajuk,  "Legacy".

Dalam penggarapan album Legacy ini, Ridho akan berkolaborasi dengan bersama musisi Ambon, Bing Leiwakabessy  yang saat ini berusia 94 tahun. Album tersebut berisi 10 lagu Ambon yang dimainkan secara instrumental, tanpa lirik atau musik vokal, semua musik dihasilkan melalui alat musik steel guitar yang dibawakan oleh Bing Leiwakabessy dan gitar oleh Ridho Hafiedz.

Kolaborasi tersebut berawal dari kesukaan Ridho terhadap musik lautan teduh atau lagu Hawaian, dan kolaborasi dengan Bing dianggap diakui Ridho menjadi kebanggaan tersendiri, mengingat nama Bing Leiwakabessy merupakan salah satu maestro gitaris hawaian.

Untuk urusan pasca produksi, Ridho dibantu oleh rekannya Glenn Fredly melalui gerakan yang digawanginya #MusikBagus.  Glenn Fredly berharap Ridho dan Bing bisa mengantarkan Ambon untuk menjadi City of Music pilihan badan PBB, Unesco, pada 2019. 

Sementara itu, terkait rencana pemerintah mencanangkan kota Ambon sebagai kota musik, dikutip dari Antara, Ridho juga menyampaikan, "perlu langkah konkrit dan proses yang tidak pendek, mengingat di Ambon  lebih banyak pemain-pemain organ tunggal misalnya. Kita butuh musik-musik organik, live music yang ada drum, gitar, mereka enggak ada tempat".

Keinginan Ridho untuk menggandeng maestro gitar hawaiian asal Maluku yang kini berusia 94 tahun ini bukannya tanpa alasan. Dirinya menganggap sinergi keduanya terjadi karena idenya yang ingin menggabungkan musik blues yang digemari dengan musik hawaiian.