Potato Head Family Membuka “Kaum” di Jakarta

19-03-2017 09:03:07 By Ganest Afliant
img

Sebuah Konsep  Hidangan Otentik Indonesia yang Terinspirasi dari Suku Adat Nusantara, di Bulan Mei 2017

JakartaVenue |  Potato Head Family dengan bangga akan membuka restoran Kaum di lokasinya yang ketiga di Menteng, Jakarta. Dengan mengusung konsep restoran otentik Indonesia, Kaum Jakarta dijadwalkan akan mulai menyambut tamu untuk pertama kalinya di bulan Mei 2017.

Kaum, yang berarti "suku” dalam Bahasa Indonesia, menjunjung lebih dari 600 kelompok etnis yang membentuk Indonesia. Menandai komitmen PTT Family untuk menempatkan warisan kuliner Indonesia yang kaya di tengah peta gastronomi dunia, Kaum merayakan dan menyajikan cita rasa asli dari budaya kuliner Indonesia, yang terinspirasi dari berbagai suku adat nusantara, kepada khalayak yang lebih luas.

Pendiri Kaum, PTT Family CEO Ronald Akili, Brand Director Kaum Lisa Virgiano dan Executive Chef Antoine Audran, telah menjelajahi berbagai pulau di Indonesia dan bekerja sama dengan komunitas adat serta para produsen independen lokal untuk mengembangkan konsep Kaum dengan menelusuri bahan-bahan dan teknik memasak Indonesia yang nyaris terlupakan.

Kaum pertama kali diperkenalkan di Hong Kong pada bulan Mei 2016, dan telah diikutsertakan ke dalam penobatan restoran bergengsi "Michelin Guide Hong Kong & Macau 2016". Pada bulan Maret 2017, Kaum Hong Kong berpartisipasi ke dalam festival "Taste of Hong Kong", sebuah acara kuliner bergengsi yang memperkenalkan berbagai restoran berbintang Michelin. Kaum menjadi satu-satunya restoran yang menghidangkan masakan Indonesia yang diundang ke dalam festival ini, menggenapi tujuan utamanya untuk memperkenalkan citarasa Indonesia yang kaya dan beragam kepada khalayak global.

Potato head Family juga telah menghadirkan Kaum di Potato Head Beach Club, yang berlokasi di Seminyak, Bali, pada bulan Oktober 2016. Pada bulan Mei 2017, Kaum di Potato Head Beach Club akan berpartisipasi dalam acara kuliner populer Ubud Food Festival, dengan mempersembahkan citarasa gula merah spesialti dari tiga daerah juara di Bali, yang terwujudkan ke dalam sajian makanan otentik, ke berbagai pecinta makanan dari seluruh Indonesia serta mancanegara.

Sementara Kaum Hong Kong berupaya untuk menampilkan teknik memasak tradisional Indonesia, menu di Kaum Bali akan memiliki fokus yang sedikit berbeda, menyoroti produk terbaik Nusantara dan bahan-bahan yang seringkali terabaikan.

Hidangan

Kaum Jakarta, berlokasi di Menteng, tidak hanya menampilkan cita rasa asli Indonesia melalui makanan dan minuman dalam tampilan modern dan suasana yang nyaman, tetapi juga akan berfungsi sebagai pusat penelitian bagi tim Kaum untuk mengembangkan menu baru dan mempelajari bahan-bahan Indonesia yang unik beserta teknik memasaknya.

Di bawah arahan Executive Chef Antoine Audran dan aktivis kuliner Indonesia yang juga berperan sebagai Brand Director Kaum Lisa Virgiano, menu Kaum Jakarta akan mengembalikan fokus mendasar warisan kuliner Indonesia dengan menggabungkan produk regional berkualitas tinggi yang bersumber dari produsen berskala kecil dan bertanggung jawab, serta bahan-bahan tropis asli termasuk diantaranya:

Garam Laut Amed: Diproses hanya oleh 32 pengrajin di Bali Timur, garam laut Amed telah menerima sertifikat Indikasi Geografis di 2016. Dengan teknik proses yang sangat tradisional, menggunakan batang kelapa tua sebagai wadah untuk menguapkan kadar air, garam Amed menghasilkan rasa asin yang murni dan lembut tanpa meninggalkan jejak rasa pahit. Gula Merah: Pemanis alami yang berasal dari nektar aneka bunga palem yang pada umumnya banyak ditemukan di Indonesia. Kaum memperoleh gula merah premium dari pohon lontar, yang dihasilkan oleh pengrajin skala kecil di timur laut Bali dan juga beberapa daerah spesialti lainnya di nusantara.

Beras Spesialti: Sebagai bagian integral dari makanan Indonesia, beras adalah bagian penting dari kehidupan di tanah air. Kaum memperhatikan keberadaan  produk penting ini dengan menghadirkan beras spesialti Indonesia di dalam menu dalam komitmennya untuk mendukung keanekaragaman beras Indonesia dan hasil kerja keras komunitas lokal serta suku adat. Beras spesialti Jatiluwih Tabanan Bali dan beras Menthik Susu yang tumbuh di dekat Magelang Jawa Tengah adalah dua contoh dari beras yang unik disajikan di Kaum.

Minyak Kelapa: Sebagai komitmen untuk menghargai rasa otentik dari Indonesia, Kaum menyatukan citarasa minyak kelapa berkualitas tinggi ke dalam semua hidangan yang disajikan. Dibuat oleh pengrajin independen dengan menggunakan metode ekstraksi tradisional,