Nikmati Keunikan Papeda, Kuliner Khas Papua

18-03-2017 09:03:45 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue | Papua adalah salah satu dari 5 pulau terbesar di Indonesia yang berada di bagian timur nusantara. Pulau yang jika kita lihat di peta sekilas seperti gambar kepala burung ini banyak menyimpan berbagai keunikan yang begitu menakjubkan. Bagaimana tidak, walaupun banyak penduduknya yang terbilang masih primitive, namun Papua sebenarnya adalah salah satu potensi terbesar di bagian timur Indonesia dengan kekayaan alamnya. Lihat saja wisata Raja Ampatnya yang indah, belum lagi kekayaan lautnya yang belimpah. Selain itu ada satu yang mungkin JV Readers belum cicipi, yaitu papeda.

Papeda merupakan makanan khas masyarakat Papua dan Indonesia bagian timur lainnya seperti Maluku dan NTT. Makanan unik ini terbuat dari tepung sagu. Sebenarnya papeda ini sudah lumayan populer, yang mana bila seseorang datang ke Papua belum mencoba papeda berarti belum lengkap. Papeda ini merupakan makanan khas turun temurun rakyat papua, yang biasanya disajikan bersama ikan. Bahan utama pembuatan papeda adalah tepung sagu dari pohon sagu yang disiram air panas kemudian diaduk hingga mengental dan siap dihidangkan.

Karena terbuat dari sagu asli, maka rasa papeda ini tawar namun memiliki aroma gurih saat menyantapnya bersama dengan kuah bening atau ikan kuah kuning. Bahkan tidak jarang ada yang menyantapnya bersama kelapa tua. Lebih nikmat lagi bila tambahkan sedikit bumbu dan sambal. Nah keunikan dari menyantap papeda adalah cara makannya yang menggunakan gata-gata, yaitu sebuah alat seperti garpu yang terbuat dari bambu. Gata-gata ini dipergunakan untuk menggulung papeda seperti orang makan mie, karena papeda ini betekstur lembut dan kental.

Papeda diketahui mempunyai kandungan karbohidrat yang cukup tinggi seperti nasi, namun kelebihannya papeda dari sagu ini memiliki juga kandungan serat yang tinggi, rendah kolesterol, dan bernutrisi tinggi pula. Menurut keterangan dari masyarakat Papua, papeda juga dapat dijadikan makanan kesehatan yang dapat mengatasi pengerasan pada pembuluh darah dan mengurangi resiko kanker usus seperti dikutip dari indonesiakaya.com. Nah JV Readers sepertinya harus mencoba papeda, yang selain mempunyai citarasa unik juga menyehatkan.