Tips Menghadapi "Si Penjilat"

17-03-2017 02:03:19 By Addo Richard
img

JakartaVenue | Persaingan seharusnya menjadi hal positif karena melatih diri untuk berkompetisi, namun persaingan justru kadang membuat seorang rekan atau teman rela melakukan segala hal dan tidak jarang menjatuhkan kalian untuk maksud tertentu, seperti disukai atasan, maupun menjatuhkan kalian karena tidak suka dengan kesuksesan kalian.

Memiliki banyak teman tentu sangat menyenangkan, namun kalian juga harus waspada akan hal tersebut. dan satu hal yang sangat membuat kita tidak nyaman, khususnya di lingkungan pekerjaan adalah sifat bermuka dua atau biasa disebut 'Penjilat.' Tak jarang seseorang disalahkan atasan bukan karena lalai dalam pekerjaan, namun karena fitnah yang diciptakan si penjilat.

So, bagi kalian yang merasa hal diatas sesuai dengan yang kalian alami, berikut tips cara mengatasinya ;

  1. 'be your self' - Meski bukan hal mudah, namun satu hal yang perlu kita ingat, "jika kita tidak melakukan kesalahan, namun orang lain bicara buruk tentang anda, itu bukan masalah kalian, melainkan masalah orang tersebut dengan pikirannya sendiri." Yang terpenting, bersikaplah apa adanya dan pasang mimik wajah yang bersahabat ketika bertemu dengannya. bener gak ?
  2. bekerja dengan baik dan meminimalisasi kesalahan, dengan demikian, rekan kerja hingga atasan kalian dapat melihat prestasi kalian, dan hasutan si penjilat akan dipatahkan dengan hal tersebut
  3. 'Stay cool' -  Hiraukan saja rekan kerja yang gemar “menjilat” karena ketika kamu menanggapi ulah mereka, tidak akan ada ujungnya. Lebih baik kamu tetap bersikap tenang dan tidak terpengaruh dengan ulahnya. Setidaknya pekerjaanmu jadi jauh lebih lancar dan dia akan kebakaran jenggot melihatmu tidak terpengaruh dan justru tetap tenang.
  4. Jangan menjauhinya, kalian tidak perlu antipati terhadap si penjilat, tetap menyapa dan tersenyum ketika berpapasan, Biarkan dia berpendapat kalau kita ternyata bisa bekerjasama dengan dia meskipun perilakunya tidak baik terhadapmu.

Semoga tips diatas bermanfaat dan bisa menjadi solusi bagi kalian yang memiliki rekan kerja bermuka dua, adios amigosss....!!!!!