Waspadai Gorengan Plastik dengan Cara Berikut

17-03-2017 01:03:04 By Addo Richard
img

JakartaVenue | Sebagai salah satu cemilan atau makanan ringan yang mudah ditemukan, gorengan cukup banyak diminati, apalagi menyantap gorengan saat hujan dan ditemani secangkir kopi atau teh. Ngomong-ngomong tentang gorengan, kali ini kami akan mengupas salah satu hal terkait fenomena gorengan yang mengandung plastik atau lilin. Simak info lengkapnya.

Beberapa waktu belakangan, masyarakat dicengangkan dengan adanya gorengan plastik, atau berbagai jenis makanan seperti pisang, ubi, bakwan, cireng,dll yang digoreng dengan minyak goreng yang dicampur dengan plastik. Aduh ngeri banget....!! Hal ini dilakukan oleh sebagian oknum penjual gorengan yang tidak bertanggungjawab serta menghalalkan segala cara demi mengejar untung semata tanpa memperdulikan akibat para penikmatnya.

Sebagian penjual gorengan memasukkan plastik itu tujuannya adalah agar gorengan yang djualnya tetap garing dan tidak mudah basi. Padahal, ini sangat berbahaya! Sakit pencernaan hingga kanker bisa menimpamu yang makan gorengan berplastik. Lalu bagaimana kita tahu gorengan yang mengandung plastik atau tidak,? 

Gorengan yang mengandung plastik umumnya memiliki ciri yang antara lain ;

  1. Warna mengkilap saat ditiriskan dari penggorengan
  2. Meski dalam keadaan dingin, gorengan akan tetap gurih dan renyah
  3. Muncul bercak-bercak putih ketika sudah dingin. Hal ini karena gorengan diolah dengan plastik berwarna bening supaya warnanya tidak berubah drastis.
  4. Jika peka, akan ada rasa sedikit pahit ketika anda menikmatinya
  5. Menyala jika dibakar, hal ini dikarenakan sifat plastik yang mudah terbakar

Hal yang perlu diingat adalah, tidak semua penjual gorengan melakukan hal ini, Jadi anda tidak perlu takut atau parno dengan gorengan. Setidaknya anda apat memperhatikan hal-hal diatas agar terhindar dari gorengan plastik.