Mengintip Keseruan Komunitas Pecinta 'SUPERMAN' di Indonesia

15-03-2017 11:03:05 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Siapa sih tidak kenal dengan sosok superhero ‘SUPERMAN’ ? adalah tokoh fiksi karakter pahlawan super yang paling terkenal dan berpengaruh dari penerbit komik DC Comics dari Amerika Serikat. Superman secara luas telah dianggap sebagai ikon budaya yang melambangkan kekuatan budaya Amerika Serikat.

Diciptakan oleh seorang seniman Kanada, Joe Shuster, dan penulis Amerika Serikat Jerry Siegel pada tahun 1932 saat mereka masih remaja di Cleveland, Ohio dan kemudian menjualnya kepada Detective Comics, Inc. pada 1938. Superman pertama kali muncul dalam serial Action Comics ("Komik Aksi") edisi #1 di Amerika Serikat (30 Juni 1938) dan kemudian juga muncul di berbagai serial drama radio, acara televisi, film layar lebar, surat kabar, komik, novel, dan permainan video berbahasa Inggris. Dengan kesuksesan petualangannya, Superman membantu menciptakan ragam pahlawan super dan populernya buku-buku komik Amerika Serikat.

By the Way, ngomong-ngomong tentang Superman, di Indonesia ada sebuah komunitas pecinta Seperman. Komunitas ini bernama Superman Fans of Indonesia (SFoI) terbentuk dari tahun 2004. Namanya dulu komunitas kolektor Indonesia, tahun 2006 sempat vakum baru tahun 2008 - 2009, mereka ngumpul lagi. Tahun 2010, berubah namanya menjadi Superman Fans of Indonesia, tepatnya pada 27 Agustus 2010.

Adalah Ryo Satryo Diposayoga, ketua sekaligus penggagas berdirinya komunitas ini. Ryo berhasil mengumpulkan satu persatu anggota komunitas Kolektor Superman Indonesia yang kemudian menjadi cikal bakal pembentukkan SFoI. Saat ini, SFoI memiliki ribuan anggota serta anggota yang aktif sekitar 120 orang. Tak hanya di Jakarta saja SFoI juga memiliki region di luar kota, diantaranya Bandung, Manado, Yogyakarta dan yang masih proses di Semarang, Balikpapan dan Surabaya. Misi dari komunitas ini sendiri memang bukan hanya berkumpul dan membicarakan seputar Superman saja, namun lebih ke kegiatan yang bersifat sosial. Jadi SFoI mau menerapkan sisi-sisi kepahlawanan Superman yang bermanfaat ke masyarakat dan peduli sesama.