IKAT/eCut Fast Fashion Sisi Gelap Dari Industri Fashion

14-03-2017 10:03:01 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | IKAT/eCut Sebuah pameran yang di prakarsai oleh Goethe Institut. Menampilkan berbagai macam hasil studi yang mendalam mengenai dampak industri fashion terhadap lingkungan dengan mengangkat tema utama adalah: Fast Fashion dan Slow Fashion.


Fast Fashion yakni dimana korporat memproduksi item (fashion)-nya secara massal dengan perputaran produk yang cepat. Sedangkan Slow Fashion yang dimana bisa dikatakan perputaran produksi itemnya hanya setahun dua kali dan sangat berhati-hati dalam proses produksinya terhadap Lingkungan, Fast Fashion memutar produksinya dua belas kali pertahun hingga menomor duakan dampak produksinya terhadap lingkungan.

Pada pameran ini pengunjung disuguhi dan diajak untuk memahami lebih mendalam mengenai perbedaan dan dampaknya terhadap lingkungan, antara Fast Fashion dan Slow Fashion  dengan media dari fotografi, video, hingga seni terapan yang interaktif.

Selain pameran yang berlangsung, akan ada berbagai kegiatan interaktif lainnya juga antara lain FOR KEEP SAKE, KEEP ME kegitan dimana pengunjung pameran dapat menceritakan kisah mengenai Pakaian dikenakan dan mengapa Pakainnya sangat berharga. Dan juga SWAP WITH ME BABY! Dimana pengunjung dapat saling bertukar Pakaian bekasnya satu sama lain.

Pameran IKAT/eCut ini berlangsung dari 9 Maret – 9 April 2017 berlokasi di Gudang Sarinah Ekosistem, Pancoran. Dari pukul 10:00WIB – 19:00WIB

Penulis: Prastiko Destamto
Foto: Prastiko Destamto