Waspadai Osteoporosis, Penyakit yang Tanpa Gejala dan Tak Pilh Usia

14-03-2017 10:03:02 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue | JV Readers dan banyak orang mungkin sudah sering dengar tentang penyakit Osteoporosis. Yaitu penyakit berbahaya yang biasa menyerang tulang dan dapat menimpa siapa saja tanpa terkecuali, tua-muda, dan pria maupun wanita.

Kenapa Osteoporosis dikategorikan penyakit berbahaya? Nah ini yang JV Readers dan banyak orang pasti belum mengetahuinya. Osteoporosis berbahaya karena penyakit ini dapat timbul tanpa didahului gejala-gejala penyebabnya, sehingga banyak orang hanya paham bahwa osteoporosis hanya penyakit yang timbul akibat pengeroposan tulang. Dan selama ini hanya diketahui hal tersebut terjadi karena kekurangan vitamin D atau kekurangan kalsium. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi timbulnya penyakit osteoporosis ini, antara lain:

Kurangnya asupan gizi, vitamin D dan kalsium

Penuaan

Keturunan

Pola Hidup

Seperti dikutip dari klikdokter.com bahwa saat seseorang mengalami penurunan massa dan kepadatan tulang akibat dari osteoporosis ini, maka penderita osteoporosis ini akan mengalami hal-hal yang mengerikan seperti mudahnya mengalami patah tulang atau kerapuhan tulang. Oleh sebab itu walaupun hanya jatuh ringan, penderita osteoporosis dapat dengan mudah mengalami kejadian patah tulang.

Retak atau patah tulang yang dalam bahasa kedokteran biasa disebut Fraktur, biasanya sering terjadi pada bagian panggul, pergelangan tangan, dan tulang belakang. Apabila kejadian (patah tulang) ini terjadi pada orang yang sudah lanjut usia, maka hal ini sangat fatal karena pastinya mereka tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain seumur hidupnya.

Seperti yang tim JakartaVenue katakan diatas, dengan risiko yang demikian berbahaya, lebih fatalnya osteoporosis ini dapat timbul tanpa gejala yang jelas atau spesifik. Seseorang baru mengetahui mereka terkena osteoporosis setelah adanya keluhan berupa sakit yang berkelanjutan atau merasakan ada sesuatu yang tidak beres pada tulang mereka. Oleh karena itu untuk menghindari penyakit osteoporosis ini adalah dengan menjaga pola hidup sehat yang kita wajib lakukan mulai dari sekarang, sebelum terlambat!