Makanan Satu-satunya Penyebab Alergi, Benar Atau Salah?

13-03-2017 07:03:21 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue | Indonesia yang mempunyai dua musim yang dipengaruhi letak geografis di Khatulistiwa seringkali mempunyai banyak kendala kesehatan yang sering dialami banyak orang. Salah satunya adalah penyakit alergi yang banyak sekali dipengaruhi berbagai faktor, mulai dari perubahan cuaca/iklim hingga obat-obatan. Bahkan sebagian lagi beranggapan bahwa makanan juga sangat berpengaruh terhadap mereka yang memiliki daya tahan tubuh lemah, sehingga sangat rentan terhadap berbagai penyakit.

Alergi sebenarnya sebuah penyakit yang tidak hanya terjadi dari makanan, lebih dari itu masih banyak faktor lain yang dapat menimbukan alergi seperti udara, obat-obatan, serangga, debu, bahan kimia, bahkan serat-serat dari tanaman (kapuk, kapas, serbuksari). Reaksi dari alergi ini didalam tubuh sendiri sangat beragam. Hal ini sebagai pengaruh dari imun tubuh sendiri dalam mendeteksi benda asing yang masuk kedalam tubuh secara berlebihan, sehingga timbullah apa yang disebut dengan gejala alergi. Gejala ini dapat timbul dibagian tubuh mana saja terutama pada indera tubuh seperti mata, hidung, mulut, bahkan tangan atau kaki.

Bila pada negara yang mempunyai 4 musim, alergi biasanya timbul saat musim semi. Karena di musim ini biasanya tanaman yang memiliki bunga akan mulai bermekaran, nah bila JV Readers perhatikan tanaman yang memiliki kuncup bunga yang akan mekar pasti memiliki benangsari. Benang sari inilah yang bila tertiup angina atau terjadi penyerbukan oleh serangga akan beterbangan, yang bila tidak sengaja terhirup akan menimbulkan gejala alergi. Lalu bagaimana dengan Indonesia yang memiliki dua musim?

Seperti tim Jakartavenue sudah sebut diatas, kedua musim yang ada di Indonesia yaitu musim kemarau dan musim hujan sama-sama dapat menimbulkan gejala alergi. Bila saat musim kemarau debu menjadi salah satu faktor yang paling sering menimbulkan gejala alergi, maka pada saat musim hujan cuaca dinginlah yang menjadi penyebabnya. Untuk mengatasi alergi ini JV Readers sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter guna mengetahui penyebab alergi tersebut, untuk segera dapat penanganan dan pengobatan. Jadi JV Readers sekalian sudah paham ya, apa saja yang dapat menyebabkan timbulnya gejala alergi dan juga cara penanganannya. Sebisa mungkin tim Jakartavenue berharap JV Readers sekalian dapat menghindarinya yaitu dengan memperhatikan stamina dan metabolism tubuh. Karena bila tubuh kita fit, mudah-mudahan terbebas dari segala macam penyakit.