Waspadai Telapak Tangan Gatal Indikasi Penyakit

12-03-2017 10:03:07 By Addo Richard
img

JakartaVenue | Sebagai negara yang kaya akan kebudayaan dan tradisi, Indonesia tentu banyak memiliki cerita masyarakat atau mitos. Salah satunya, banyak orang beranggapan jika telapak tangan gatal merupakan pertanda seseorang akan mendapatkan rezeki, namun fakta medis berbicara lain. Sebagian orang pernah mengalami kondisi telapak tangan gatal. Meski terkesan ringan, rupanya kondisi telapak tangan gatal merupakan salah satu sinyal gangguan kesehatan. 

Dalam kaidah medis, kondisi ini disebut pruritus atau gangguan gatal pada kulit, yakni sebuah sensasi tidak nyaman yang menyerang bagian tubuh dan membuat Anda ingin menggaruk area tersebut. Pruritus bisa menyerang telapak tangan dan bisa dialami siapa saja dan pada usia berapa pun. Yang perlu Anda perhatikan adalah kondisi telapak tangan gatal atau kulit kaki gatal dapat menjadi tanda kondisi gangguan kesehatan yang antara lain ;

Psoriosis : Ini merupakan penyakit jangka panjang atau kronis yang terjadi ketika sel-sel kulit tumbuh terlalu cepat dan kemudian menumpuk di permukaan kulit. Psoriosis dapat muncul di semua bagian tubuh, sensasi rasa gatal di tangan dan kaki adalah salah satu gejalanya.

Gangguan Saraf : Kondisi yang memengaruhi sistem saraf, seperti multiple sclerosis, diabetes melitus, saraf terjepit, dan herpes zoster. Kondisi tersebut juga dapat menyebabkan telapak tangan gatal, serta sensasi rasa gatal di bagian tubuh lainnya.

Penyakit organ dalam : Kulit tangan dan kaki yang terasa gatal juga dapat menjadi gejala dari penyakit yang mendasarinya. Ini termasuk penyakit liver, gagal ginjal, anemia defisiensi besi, gangguan tiroid, dan kanker (termasuk leukemia dan limfoma).

Eksim :  Eksim dapat terjadi di seluruh bagian kulit tubuh. Eksim yang menyebabkan telapak tangan gatal, serta gatal di kaki dikenal dengan istilah dermatitis dyshidrosis.

Selain itu, gatal-gatal juga bisa menjadi sebuah reaksi tubuh terhadap obat seperti narkoba, antibiotik, dan obat antijamur. Kehamilan juga dapat menjadi pemicu gatal-gatal di kulit tubuh bagian tertentu, seperti payudara, lengan, perut dan paha.

 

Sumber : berbagai sumber