Angka 13 Pembawa Sial, Mitos atau Fakta?

12-03-2017 10:03:32 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue | Bagi kebanyakan orang, bahkan hampir diseluruh belahan dunia percaya bahwa angka tiga belas (13) dapat membawa sial/maut. Kenapa begitu? Benarkah atau hanya Mitos? JV Readers mungkin selama ini hanya mendengar atau ikutan saja sesuai yang banyak orang katakana tersebut.

Tapi sebaiknya mari kita cari tahu yang sebenarnya. Perlu JV Readers ketahui dijaman modern ini seharusnya pola tingkah dan pemikiran orang seharusnya juga jauh lebih rasional, walaupun tetap kita harus menghargai juga adat dan tradisi di suatu tempat. Namun untuk hal-hal yang bagi kita janggal/aneh tanpa bukti kebenarannya sama sekali janganlah hal ini menjadi terlalu dilebih-lebihkan apalagi bila sampai menimbulkan kehebohan dikalangan banyak orang.

Berikut ada beberapa negara yang dianggap menganut istilah bahwa angka 13 adalah sial, yaitu:

China

Negara China sangat mempercayai berbagai mitos maupun kepercayaan, termasuk angka 13 sebagai pembawa sial. Hal ini terlihat dari semua bangunan tinggi yang menggunakan lift, pada tombol angka petunjuk lantainya tidak ada angka 13.

Israel/Yahudi

Kaum Yahudi di Israel sangat mempercayai dan ketat memelihara kepercaannya seperti angka 13 yang selalu diidentikkan dengan penyihir, pesulap, bahkan paranormal seperti ajaran Dewan Penyihir saat zaman Fir’aun. Mereka juga dikenal gemar mengutak-atik angka, ditambah kaum Yahudi ini sangat percaya bahwa angka 13 ini mempunyai daya magis dan religious.

Amerika Serikat

Negri Paman Sam ini bahkan memiliki simbol angka 13 pada salah satu simbol negaranya. Selain itu ada beberapa perusahaan yang bila JV Readers cermati banyak mengandung angka 13 ini. Lihat saja McDonalds, Arbyss, dan lain-lain. Namun anehnya , walaupun memiliki banyak penggunanya angka 13 bagi sebagian besar masyarakat disana tetap angka 13 sebagai angka pembawa sial. Bahkan ada juga yang percaya angka 13 ini digunakan sebagi ritual pemanggil arwah dan pemuja setan.

Nah JV Readers jadi bagaimana anda menilainya, setelah berbagai contoh diatas apakah angka 13 adalah angka sial yang dapat membawa bencana pada penggunanya? Ataukah Mitos belaka saja? Semua tim Jakartavenue serahkan pada pendapat masing-masing.