#skip challenge, Tindakan Ini Dapat Mengakibatkan Kematian!

11-03-2017 08:03:05 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue | Keberadaan sosial media belakangan ini sudah demikian memperihatinkan, terutama dikalangan remaja, sebut saja yang terjadi dan marak belakangan ini yaitu skip challenge. Apakah skip challenge itu? Sebuah trend melakukan tantangan dikalangan anak remaja yang dilakukan dengan cara menekan bagian dada selama beberapa waktu lamanya. Tindakan yang dilakukan tanpa pengetahuan akan bahaya yang akan menimpa mereka yang melakukan hal ini demikian maraknya dinggah di sosial media seperti instagram, seperti yang JV Readers dapat saksikan di instagram dengan tagar#skip challenge.

Dalam ilmu kesehatan apabila bagian dada mendapat tekanan dalam waktu yang lama dapat mengakibatkan seseorang kehilangan/kekurangan asupan oksigen. Apabila hal ini terjadi maka yang dikuatirkan adalah mereka yang mengalami hal ini dapat mengalami pingsan/tidak sadarkan diri, gangguan otak permanen, bahkan kematian. Seperti dilansir kompas.com dalam penjelasannya dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari Rumah Sakit Harapan Kita Dr. Yoga Yuniadi,”Penekanan pada bagian dada tersebut dapat berujung pada menurunnya kadar oksigen dalam darah (biasa disebut Hipoksida). Berdasarkan video yang saya tonton, yang terjadi adalah penekanan dada yang cukup keras akan menghalangi upaya nafas, tapi tidak cukup keras untuk mengubah pola denyut jantung, sehingga akibatnya kadar oksigen dalam darah berkurang/menurun.”

Mengingat begitu viralnya video yang diunggah melalui instagram ini sangat berbahaya dan dikuatirkan banyak terjadi dikalangan sekolah maka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy menghimbau dan meminta kepada para guru disekolah-sekolah untuk mencegah para siswa melakukan skip challenge.