Tips Aman Dalam Bertransaksi Online

09-03-2017 10:03:19 By Iwan Inkiriwang
img

Jakartavenue| Era digital seperti sekarang ini memang semakin memanjakan banyak orang, tak terkecuali siapapun pasti sudah merasakan semua kemudahan dalam melakukan aktifitas. Mau bepergian tinggal klik berbagai jasa angkutan online, mau belanja tinggal klik si smartphone maka banyak sekali toko online yang dapat dipilih untuk berbelanja, bahkan berbagai transaksi bisnis dan perbankan pun memanfaatkan sistem online ini. Tidak ketinggalan beberapa aturan dari pemerintah ataupun insatasi dan lembaga negara pun memakai jasa online baik dalam pelayanan ataupun pembayaran.

Nah berbicara tentang sistem online ini, ada yang perlu JV Readers perhatikan baik sebelum, saat, maupun setelah bertransaksi secara online. Sebagai contoh, tim Jakartavenue mengambil dari berbelanja online. Dari berbagai macam  belanja online yang dapat dijumpai disosial media semua menawarkan berbagai kemudahan dalam bertransaksi. Namun ini seperti jebakan batman bagi konsumen yang tidak sepenuhnya mengerti cara-cara bertransaksi via online. Tanpa memikirkan untung ruginya serta berbagai persyaratan yang ada antara konsumen dan pihak penyedia jasa belanja online, yang pada akhirnya dapat merugikan mereka (konsumen).

Oleh karena itu berikut ini tim Jakartavenue ingin memberikan tips agar dalam masalah berbelanja dengan cara online tidak ada yang dirugikan, dalam hal ini utamanya konsumen seperti dikutip dari liputan6.com antara lain:

Berbelanjalah di situs belanja online terpercaya

Untuk mengetahui mana situs belanja online yang terpercaya, JV Readers bisa melakukan survey dengan bertanya atau mencari informasi pada kawan, saudara, kerabat, maupun cek situs yang ada secara teliti dan cermat.

Pastikan web telah terenkripsi dengan SSL

SSL (Secure Socket Layer) alat yang memberi anda privasi ketika memberikan informasi dalam sebuah situs web, dimana kita dapat memberitahu bila sebuah web memiliki enkripsi SSL jika URL dimulai dengan HTTPS: //bukan HTTP biasa://

Bertindak bijaksana

Biasanya pengecer atau pedagang akan meminta informasi data pribadi untuk transaksi anda, informasi ini hanya yang bersifat umum saja seperti nama, alamat, nomor kontak, dan nomor kartu kredit (tergantung cara pembayaran yang diinginkan). Bila mereka meminta lebih dari yang disebutkan tadi sebaiknya batalkan saja dan cari yang lain, hal ini menghindarkan JV Readers dari pencurian data yang bisa merugikan.

Lindungi web, computer, notebook, atau smartphone anda

Pastikan tidak melakukan transaksi online ditempat-tempat umum seperti warnet, selain itu pastikan juga gadget anda sudah dicover anti virus dan sebagainya yang dapat merubah atau mengganti informasi dari computer anda.

Periksa dan simpan semua bukti transaksi

Saat usai melakukan transaksi cek/periksa ulang data pribadi anda seperti saldo keuangan, bukti transaksi/pemesanan dan pembayaran, email dan lain sebagainya agar tidak dapat diakses atau diketahui pihak lain. Bila melakukan transaksi di warnet sebaiknya jangan lupa untuk menutup akun pribadi/log out.

Nah JV Readers sekalian kiranya itulah beberapa langkah yang sebaiknya diperhatikan agar semua kegiatan belanja online atau transaksi online apapun dapat berjalan lancar dan aman, sehingga kita tidak rugi atau menyesal sesudahnya.