"Camoi Aek Biru" Surga dibalik Eksploitasi Tambang di Bangka

08-03-2017 11:03:42 By Addo Richard
img

JakartaVenue | Sebagai penghasil timah terbesar, Kepulauan Bangka Belitung tentu memiliki banyak sekali bekas galian tambang yang sudah tidak terurus. Namun, Bangka juga dikenal sebagai destinasi wisata favorit nasional. Kali ini JakartaVenue akan mengulas salah satu destinasi wisata di kepulauan Bangka yang menawarkan panorama biru yang indah bak lukisan.

Berada di Desa Air Bara, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, ada sebuah danau indah bernama Camoi Aek Biru. Nama lokasi wisata ini berasal dari masyarakat Bangka sendiri. “Camoik” adalah istilah atau sebutan dari masyarakat Bangka untuk kolong atau bekas galian tambang yang sudah tidak terpakai. Sedangkan “aek” merupakan bahasa asli Melayu Bangka yang berarti air. Kata biru merujuk pada warna air pada bekas galian tambang.

Lokasi Camoi Aek Biru ini berjarak kurang lebih 50 Km dari kota Pangkal Pinang yang dapat ditempuh dalam waktu 1 jam. Namun, kendati populer, untuk menuju tempat ini, anda harus menggunakan kendaraan pribadi mengingat belum ada saran angkutan umum yang melintasi lokasi ini. Biasanya, setiap akhir pekan Camoik Aek Biru ramai dikunjungi wisatawan lokal dari Pulau Bangka maupun wisatawan luar Pulau Bangka.

Bagi kalian yang sedang merencanakan sebuah perjalanan wisata, Camoi Aek Biru ini bisa dijadikan destinasi yang cocok, Tempat ini menawarkan panorama perairan biru yang dikelilingi gundukan pasir putih bekas ekploitasi tambang yang telah mengeras, sekilas menyerupai salju. Pokoknya tempat ini sangat direkomendasikan sebagai destinasi wisata, khususnya kalian yang sudah penat dengan hiruk pikuk ibu kota.

Sumber : berbagai sumber