Raffles College, Solusi Belajar Menjadi Sukses

08-03-2017 08:03:46 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue | Raffles College adalah lembaga pendidikan swasta yang terletak di Jalan Arjuna Utara no.35, Duri Kepa – Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Raffles College merupakan rebranding dari dua institusi kenamaan yang sudah berdiri sebelumnya, yakni INTI College Indonesia berdiri sejak 2001 dan Raffles Academy berdiri sejak 2009. Raffles College merupakan salah satu lembaga pendidikan swasta dengan pembelajaran internasional yang terafiliasi dengan Raffles Christian School dan tergabung dalam “The Raffles Group of Schools”, dimana Raffles College memiliki 1 kampus dan Raffles Christian School memiliki 4 kampus dan merupakan penyelenggara terbaik Cambridge International Examination Centre yang mempersiapkan siswa-siswi untuk mengikuti ujian Cambridge IGCSE dan Internasional kualifikasi A-Level. Kedua lembaga tersebut berada di bawah satu naungan yaitu Yayasan Pendidikan Ora et Labora dan Yayasan Pendidikan Sekolah Bhinneka yang didirikan oleh almarhum Bapak William Soeryadjaya (Seorang pengusaha terkenal di Indonesia dan pendiri dari Group Astra) dan Bapak Radius Prawiro (Mantan Menteri Keuangan Republik Indonesia).

Dalam perkembangannya, Raffles College terus berinovasi untuk menjembatani kesenjangan lulusan antara harapan keberhasilan akademik dan keberhasilan industri. Salah satu tujuan jangka pendek adalah menciptakan lulusan - lulusan yang siap bersaing di era global dan masyarakat ekonomi ASEAN. Raffles College berkeinginan untuk menjadi sebuah lembaga pendidikan swasta internasional yang memiliki standard dan kualitas bertaraf international yang sejajar dengan top universitas di Australia, Singapore dan Inggris. Raffles College telah bekerjasama dengan University terkemuka di luar negeri, seperti : Curtin University, JMC Academy, The University of Queensland, University of the West of England, Queensland University of Technology, Coventry University dan lainnya.

Dengan mensejajarkan diri dari segi kurikulum dan kualitas College & University luar negeri, maka siswa yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan dan memiliki gelar internasional, Raffles College hadir dan menjawab kebutuhan tersebut. Dengan memberikan siswa pengalaman belajar yang transformasional pribadi mengarah ke peluang sukses di seluruh dunia. Raffles College terutama difokuskan pada penyediaan program studi dan pathway yang bertaraf internasional kepada siswa ke universitas terkemuka di seluruh dunia untuk mendapatkan Gelar Sarjana mereka dan kualifikasi profesional lainnya.

KERJASAMA DENGAN FMDS – PRIVATE DESIGN SCHOOL SINGAPORE

Kuliah design di Singapore merupakan pilihan yang tepat karena Singapore merupakan negara trendsetter bagi dunia design di Asia Tenggara. Sayangnya biaya sekolah di Singapore memang tidaklah murah ditambah lagi standar biaya hidup di Singapore yang tinggi.

Menyadari akan hal tersebut serta tingginya minat belajar design di Indonesia, Raffles College menggandeng salah satu sekolah design terbaik di Singapore. Semenjak tahun 2012, Raffles College telah bekerjasama dengan First Media Design School (FMDS) Singapore untuk mengadakan program studi 2+1, dimana siswa yang ingin kuliah desain di FMDS Singapore dapat belajar selama 2 tahun terlebih dahulu di kampus Raffles College Jakarta dan di tahun ketiga baru ke FMDS Singapore untuk menyelesaikan studi dan mendapatkan gelar sarjana internasional.

First Media Design School Singapore adalah institusi desain di Singapore yang menawarkan berbagai program desain dan mendidik para mahasiswanya untuk menjadi wiraswasta desain (designpreneur).

FMDS berkantor pusat di Singapore dan didirikan oleh First Media Group, yang dikenal sebagai penerima penghargaan terbanyak serta sukses dalam industri desain di Singapore. First Media Group memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di industri desain Singapore. Berbagai proyek telah ditangani oleh First Media Group, proyek seperti : desain perusahaan & retail, marketing communication, public relations, desain kemasan, penerbitan, iklan, hingga event organizer, media interatif dan pengembangan aplikasi iOS.

Adapun keunggulan First Media Design School dibanding dengan sekolah desain lainnya adalah:

  • Practical Design Skills.
  • Creative Conceptualization Techniques.
  • Strategic Studio Management Skills.
  • Business Management Skills.
  • Leadership Development Skills.
  • Commercial Skills.
  • Research, Presentation and Writing Skills.

Dengan poin-poin yang telah disebutkan diatas membuat interaksi antara mahasiswa dan pengajar menjadi komprehensif.

Short Film Production. Pada workshop film production, diajarkan teknik-teknik pengambilan gambar dan teknik pergerakan kamera. Hal ini termasuk dalam factor penting untuk menceritakan isi dari film yang akan diproduksi.

Camera shots. Pada pembuatan film, dikenal beberapa jenis teknik kamera untuk pengambilan gambar (camera shots), antara lain:

  1. Extreme Wide Shot, untuk mengambil latar belakang, pemandangan yang luas.
  2. Wide Shot / Long Shot, menunjukkan subjek secara utuh.
  3. Medium Close Up, mengambil gambar subjek dari jarak cukup dekat, biasa digunakan untuk subjek orang dari kepala sampai separuh badan.
  4. Close up, mengambil gambar subjek dengan lebih dekat, focus pada sesuatu biasanya pada wajah dari orang subjek.
  5. Extreme Close up, mengambil gambar subjek sangat dekat dan focus pada bagian tertentu misalnya mata dari seseorang.

Dan masih banyak istilah lain yang sering digunakan dalam proses pembuatan film.

Camera movement. Selain teknik pengambilan gambar dari jarak pandang, digunakan juga teknik pergerakan kamera. Beberapa istilah yang sering digunakan antara lain:

  1. Menggerakan kamera ke kiri dan ke kanan pada sumbu sejajar.
  2. Menggerakan kamera ke atas dan ke bawah.
  3. Pergerakan kamera menjauh atau mendekat dari objek.

Beberapa istilah tersebut adalah yang sering digunakan untuk pembuatan film. Camera movement ini penting dilakukan agar film menjadi lebih terasa dinamis dan membawa kita ke dalam cerita film tersebut.

Modul short film production dapat dipelajari lebih detil pada penjurusan Multimedia di program Designpreneur yang diadakan oleh Raffles College bekerja sama dengan First Media Design School (FMDS) Singapore. Program ini menawarkan kurikulum berstandar internasional dengan kualifikasi Advanced Diploma in Multimedia dan merupakan pathway program yang memungkinkan para siswa melanjutkan pendidikan untuk mendapat gelar Bachelor of Art dengan kualifikasi dari University of West of England, UK hanya dalam waktu 3 tahun.

Untuk info lebih lanjut silahkan klik www.raffles-college.org

Jalan Arjuna Utara No. 35. Kebon Jeruk, Jakarta Barat - Ph. 021 565 4969,  E. info@raffles-college.org