"SHOPEE Campus Competition" Berhadiah Total 60 Juta

08-03-2017 01:03:47 By Addo Richard
img

JakartaVenue  | Untuk kedua kalinya, Shopee, mobile-first marketplace terdepan di kawasan Asia Tenggara dan Taiwan, kembali menyelenggarakan Shopee Campus Competition (SCC), sebuah kompetisi bisnis dan pemasaran bagi mahasiswa di seluruh Indonesia. Untuk dapat berpartisipasi dalam kompetisi ini, peserta diminta untuk membentuk kelompok dan mengirimkan formulir pendaftaran sebelum tanggal 10 Maret 2017.

Pemenang kompetisi ini berhak mendapatkan hadiah total senilai Rp 60 Juta, dimana pemenang pertama akan berkesempatan untuk terlibat dalam program magang di Kantor Shopee Indonesia, serta berkunjung ke Kantor Pusat Shopee di Singapura selama 1 hari.

Chris Feng, CEO Shopee mengatakan, “Shopee percaya ada tiga hal utama yang dapat menghambat pengusaha muda dalam mengembangkan bisnis mereka, diantaranya kurangnya ketersediaan platform yang mudah digunakan bagi pengusaha baru, terbatasnya keterampilan bisnis pengusaha, dan modal yang terbatas. Program Shopee Campus Competition kami laksanakan sebagai solusi untuk menjawab permasalahan tersebut, dengan menantang peserta untuk secara kreatif menawarkan solusi terbaik dalam mengatasi berbagai macam permasalahan bisnis.”

Di tahun keduanya ini, Shopee Campus Competition memberikan tantangan bisnis yang berbeda bagi peserta untuk menjadikan kompetisi ini semakin menarik. Pada tahap pertama, Shopee akan meminta peserta mengirimkan proposal yang menawarkan solusi terhadap permasalahan yang dialami secara nyata oleh pelaku bisnis online. Setelahnya, Shopee akan memilih 10 kelompok terbaik yang akan melaju ke tahap boot camp, dimana peserta akan mendapatkan pembekalan keterampilan bisnis, serta informasi lebih mendalam mengenai kasus bisnis para penjual Shopee terpilih yang harus mereka selesaikan.

Sebagai bagian dari kriteria penjurian di tahap eliminasi, usulan strategi bisnis yang diajukan oleh peserta juga akan diimplementasikan secara langsung oleh penjual. Kesuksesan implementasi tersebut akan mempengaruhi performa peserta untuk menentukan 3 kelompok terbaik sebagai finalis.

“Program Shopee Campus Competition merupakan perwujudan investasi Rp 100 Miliar kami untuk mendukung perkembangan wirausaha lokal di Indonesia, dimana para pemenang akan mendapatkan Young Entrepreneurs Fund untuk membantu pembiayaan modal bisnis mereka. Melalui program ini, kami berharap dapat menginspirasi lebih banyak wirausaha muda di Indonesia untuk berani membangun dan mengembangkan bisnis masing- masing,” tambah Chris.

Tahun lalu, Program Shopee Campus Competition sendiri telah melibatkan lebih dari 230 peserta yang berasal dari 89 universitas di seluruh Indonesia. Shopee Campus Competition 2017 terbuka bagi seluruh mahasiswa, baik S1 maupun D3. Peserta diminta untuk membentuk kelompok berisi 3 mahasiswa yang berasal dari universitas yang sama. Informasi lebih lanjut mengenai kompetisi ini dapat dilihat di
https://shopee.co.id/campuscompetition.