Anda Bekerja Duduk di Kantor Seharian? Lakukan Hal Ini Agar Punggung Tidak Sakit

06-03-2017 04:03:27 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Bekerja duduk di balik meja seharian di kantor, apalagi Anda butuh tingkat keseriusan yang tinggi dalam menyelesaikan pekerjaan sehingga lupa dengan efek yang bisa menimbulkan beberapa gangguan kesehatan, terutama keluhan sakit punggung. Ada beberapa faktor yang menyebabkan punggung Anda sakit, salah satunya adalah posisi duduk.

Untuk keluhan tersebut ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar meringankan risiko sakit punggung karena terlalu lama duduk. Posisi duduk yang benar dapat meringankan atau bahkan menghindarkan Anda dari risiko sakit punggung. Berikut langkah yang dapat dilakukan dalam mendapatkan posisi rileks dalam bekerja:

Pertama

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat Anda nyaman dalam bekerja adalah dengan memilih kursi yang mampu untuk menopang tubuh Anda dengan baik. Pilihlah kursi yang dapat disesuaikan atau diatur tinggi rendahnya

Kedua

Luruskan posisi punggung Anda dan bahu diposisikan ke belakang serta bokong haruslah menyentuh bagian belakang kursi

Ketiga

Buatlah posisi leher dan kepala Anda tetap lurus namun nyaman serta bias juga Anda turunkan sedikit agar rileks

Keempat

Sesuaikan ketinggian kursi agar posisi pergelangan tangan dan lengan Anda lurus serta sejajar dengan dasar meja kerja saat menggunakan keyboard juga mouse computer. Pilihlah mouse pad yang memiliki bantalan pergelangan tangan agar nyaman dalam menggunakan mouse.

Kelima

Gunakan pijakan kaki agar kaki bisa menapak dengan nyaman atau tapakkan kaki dengan lantai.

Keenam

Jika kursi tidak menopang tubuh Anda, gunakanlah gulungan handuk atau bantal kecil di dekat punggung bagian bawah

Ketujuh

Ketika akan berdiri janganlah membungkuk, tetapi bergeraklah kedepan kursi dan berdiri dengan meluruskan kaki. Setelah berdiri dianjurkan untuk meregangkan tubuh dengan menekuknya ke belakang.