Ternyata Kopi juga Punya Kebaikan dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

05-03-2017 03:03:17 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue |Kabar gembira buat JV Readers pecinta kopi, sekarang tidak perlu takut dan ragu-ragu untuk minum kopi. Memang kopi seringkali dapat membuat penikmatnya mengalami sakit di uluhati dan diare. Karena seperti kita ketahui kopi memang mengandung kafein yang selama ini ditakuti dapat mengakibatkan berbagai penyakit.

Tetapi ternyata dibalik semua itu kopi sebenarnya menyimpan berbagai kebaikan juga bagi kesehatan, walaupun kita nikmati setiap hari. Berikut tim Jakartavenue seperti dilansir oleh klikdokter.com berbagai kebaikan dan manfaat minum kopi:

Kopi dapat meningkatkatkan energy dan kecerdasan

Dalam secangkir kopi yang kita minum terdapat kandungan kafein, yang mampu mempengaruhi kerja otak serta meningkatkan level energy, hati, dan kesadaran.

Kopi dapat mengurang resiko diabetes tipe 2

Sebuah penelitian di Yunani mengungkapkan bahwa minum kopi dapat mengurangi resiko diabetes tipe 2 hingga 54%. Karena protein amyloid dalam darah yang berperan dalam penyakit diabetes tipe 2 dapat dikurangi jumlahnya dengan minum secangkir kopi.

Melindungi dari penyakit Alzheimer dan dimensia

Pada saat seseorang berumur 65 tahun atau lebih maka mereka beresiko menderita Alzheimer dan dimensia, atau biasa disebut dengan penyakit penurunan kemampuan syaraf secara umum.

Tapi sayangnya hingga saat ini belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan penyakit ini. Hanya bisa dikurangi atau dicegah dengan minum kopi setiap hari, diyakini hal ini bermanfaat.

Kopi bisa dijadikan menu diet

Jumlah kafein yang terkandung dalam secangkir kopi dapat meningkatkan metabolism sebanyak 3-11 %. Dilain penelitian lagi ada yang mengatakan bahwa kafein juga berguna bagi pembakaran lemak. Bagi mereka yang menderita obesitas atau kegemukan, minum secangkir kopi dapat membakar lemak hingga 10%, sedangkan bagi mereka yang normal bisa mencapai 29%.

Masih banyak lagi manfaat dan kebaikan dari minum kopi secara rutin setiap hari bagi kesehatan. Asalkan JV Readers meminumnya dengan takaran yang cukup atau dalam arti kata tidak berlebihan. Minum kopi yang normal disarankan sebanyak 2-3 cangkir setiap hari.