Dinner Weekend Tetap Kontrol Menu Agar Aman Dari Diabetes

04-03-2017 09:03:02 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Makan malam adalah bagian dari kegiatan dalam mengisi akhir pekan bersama keluarga atau dengan pasangan. Biasanya saat dinner banyak menu yang menggoda untuk dinikmati, tetapi Momen indah kebersamaan ini jangan sampai membuat Anda lupa untuk menjaga asupan yang sehat, apalagi bila Anda mempunyai riwayat diabetes.

Diabetes adalah kelainan metabolisme yang meyebabkan naiknya kadar gula darah akibat dari tubuh yang tidak dapat menghasilkan insulin dalam tubuh, sedangkan insulin merupakan hormon yang berperan penting dalam mengontrol kadar gu;a dalam darah.

Bagi Anda yang tidak memiliki penyakit terkait gula darah cukup penting untuk mengetahui apa saja asupan yang dapat menimbulkan diabetes, apalagi Anda yang mempunyai riwayat diabetes bukan saja harus tahu apa saja pemicu naiknya gula darah, tetapi juga harus hati-hati dalam mengkonsumsi makanan. Berikut apa saja asupan yang berpengaruh terhadap diabetes dan pantangan bagi penderita diabetes:

Karbohidrat

Sebaiknya Anda tidak memilih menu yang didalamnya terdapat bahan makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi putih, kentang goreng, sereal juga harus Anda hindari yang mengandung banyak gula sedikit serat.

Chinese Food

Dalam Chinese food biasanya terdapat banyak karbohidrat dan lemak yang sama-sama memounyai kadar gula yang tinggi. Jika Anda terlanjur makan, maka setelahnya periksalah gula darah Anda untuk mengetahui bagaimana makanan yang telah dimakan tadi mempengaruhi gula darah Anda.

Buah Kering

Waspadalah terhadap buah kering yang mengandung banyak karbohidrat, walaupun Anda hanya memakan porsi kecil seperti 2 sendok teh cranberi kering, kismis atau chery kering mengandung sama dengan buah kecil.

Kafein

Mengapa kafein harus diwaspadai bagi penderita diabetes? Karena kadar gula darah dapat meningkat setelah mengkonsumsi kopi meski Anda meminum kopi hitam tanpa gula sekalipun, sebab didalam kopi hitam tersebut terdapat kafein. Bukan hanya kopi yang mengandung kafein, teh hijau, teh hitam dan minuman berenergi dapat mengganggu kadar gula darah. Untuk kafein, tiap orang akan mengalami reaksi berbeda dan sebaiknya Anda mengenali reaksi tubuh terhadap berbagai aktivitas dan makanan. Bagi orang yang bukan penderita diabetes justru berbagai zat lain yang terkandung dalam kopi dapat mencegah diabetes tipe 2.