Tidur Tengkurap, Baik Atau Buruk Untuk Kesehatan?

03-03-2017 12:03:11 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Saat ingin tidur, kita pasti secara otomatis mencari posisi yang nyaman. Entah berbaring ke kiri atau ke kanan hingga ke posisi tengkurap. Dan ternyata posisi tengkurap lah yang menjadi favorit sebagai posisi yang nyaman untuk beristirahat.

Dibalik nyamannya posisi tidur tengkurap, tahukah Anda apakah posisi tersebut memiilki efek yang baik atau malah berdampak buruk bagi kesehatan? Posisi tengkurap ini bukan hanya dilakukan oleh pria dan wanita yang berusia produktif saja, namun juga kerap dilakukan para orangtua berusia diatas 50 tahun.

Jika tengkurap terjadi karena reaksi tubuh yang kelelahan dan tidak dilakukan setiap hari, hal tersebut masih tidak menjadi masalah. Lain hal bila kegiatan tersebut dilakukan setiap hari dan terus menerus akan bisa berdampak negatif terhadap kesehatan.

Apa saja efek negatif yang bisa terjadi jika tidur tengkurap dilakukan setiap hari…mari kita simak penjelasan berikut:

Sakit Kepala

Saat tidur dengan posisi tengkurap cenderung membuat kepala menjadi miring. Selain kepala yang miring juga membuat kepala terbenam di bantal sehingga membuat aliran darah di daerah kepala ikut tersendat dan kondisi ini menyebabkan sakit kepala.

Leher Nyeri

Karena posisi tengkurap membuat  nyaman dan tidur menjadi sangat lelap hingga tak mengubah posisi tidurnya dengan posisi yang lainnya. Hal ini menyebabkan kepala miring dengan waktu yang lama sehingga bisa menyebabkan ketegangan pada saraf-saraf seputar leher bagian belakang, itulah yang menyebabkan keher menjadi nyeri saat terbangun.

Sistem Pernapasan Menjadi Terhambat

Tengkurap juga bisa mangakibatkan sempitnya lunang hidung karena tertutup bantal. Bahkan saluran pernapasan ikut terganggu karena mendapat tekanan dari bobot tubuh sehingga membuat dada terasa lebih berat dalam memompa napas dan pada saat bangun bisa terasa nyeri pada dada.

Gangguan Pada Ulu Hati

Begitu juga pada ulu hati yang otomatis menjadi tertekan akibat dari posisi tidur tengkurap sehingga membuat mual dan ingin muntah. Memang tidak selalu orang yang tidur dengan posisi tengkurap akan mengalami gangguan ini, tetapi hal ini bisa terjadi.

Menambah Bahaya Penderita Asma

Orang-orang yang mempunyai riwayat penyakit asma atau gangguan pernapasan seperti sesak napas sebaiknya hindari tidur dengan posisi tengkurap karena bisa berakibat fatal. Akibat saluran pernapasan terhambat dan terhenti karena tekanan pada dada, asupan oksigen menjadi kurang dan tidak cukup ketika sedang tertidur sehingga bisa mengakibatkan kematian mendadak.