Tak Hanya Lansia, Anda yang Usia Produktif Juga Beresiko Terkena Penyakit Berbahaya

02-03-2017 05:03:12 By Addo Richard
img

JakartaVenue | Bicara penyakit –penyakit berat seperti Diabetes, Serangan Jantung, Asam Urat, Kanker, Darah Tinggi, dll, dahulu memang identik dengan usia lanjut, namun sekarang, seiring perkembangan jaman dan pola hidup, penyakit-penyakit berat juga berpotensi diderita orang-orang muda. Faktor-faktor kebiasaan menjadi penyebab munculnya penyakit-penyakit tersebut pada orang muda. Contohnya, kebiasaan menikmati kuliner, traveling, hingga kebiasaan nakal dengan melakukan hubungan intim bukan dengan pasangan.

drKristoforusHendra Djaya, SpPD, spesialis penyakit dalam yang merupakan ahli vaksin dari In Harmony Clinic menyampaikan, “ Penyakit-penyakit berbahaya yang dulu didominasi usia lanjut, sekarang tidak mengenal usia, Pasien saya ada yg pernah gagal ginjal bahkan cuci darah di usia 30. Ada juga teman saya dokter spesialis anak sekitar 35-36 tahun, 4 tahun lalu harus kehilangan suaminya karena jatuh dari tangga, setelah diperiksa ternyata akibat serangan jantung. Hal ini membuktikan bahwa penyakit tidak memandang usia “

 “Jika diitanya, kenapa orang muda sekarang mudah terkena penyakit berat dan berbahaya, saya juga tidak bisa menjawab secara pasti , namun menurut analisa saya ini ada hubungannya dengan kerentanan genetik. Teorinya,  apa yg muncul dari tubuh 20% dipengaruhi faktor genetic dan  80% disebabkan oleh faktor lingkungan seperti pola hidup pola makan, polusi,radiasi,dll ,”

 “Untuk mengantisipasi penyakit berbahaya yang dipengaruhi faktor genetik, kita bisa lakukan genetic screening dan untuk mencegah penyakitnya tidak muncul , cara yang bisa dilakukan adalah dengan  menjaga pola hidup sehat. Atau, jika kita tahu memiliki riwayat penyakit dari faktor genetik, kita harus mengurangi resiko-resikonya, seperti menjaga pola makan dan memutus rantai penularan penyakit-penyakit tersebut, “ tambah dr.Kristo

Menjaga pola hidup dan pola makan sehat adalah cara pencegahan penyakit yang telah diketahui oleh banyak orang. Namun ada cara lain yang ampuh mencegah penyebaran dan infeksi penyakit berbahaya hanya belum disadari pentingnya oleh masyarakat. Cara itu adalah Vaksinasi. Vaksinasi atau Imunisasi di masyarakat pada umumnya hanya diberikan bagi anak atau bahkan hewan peliharaan. Padahal orang dewasa juga perlu imunisasi. Terutama untuk menjaga agar tubuh tidak terserang penyakit-penyakit berbahaya seperti Hepatitis A, Kanker Seviks, Meningitis, Pneumonia, dan Cholera.  

Bicara soal vaksinasi, klinik milik dr.Kristo,  In Harmony Clinic, adalah pelopor klinik imunisasi dan vaksinasi terlengkap, terdepan, serta pengembang layanan preventif terkemuka yang memiliki jangkauan pelayanan terluas di Indonesia dan hanya mempekerjakan tenaga ahli vaksin profesional.

Pada akhirnya tindakan pencegahan penyakit, apapun bentuknya, adalah wujud dari kesadaran bahwa kesehatan diri adalah hal yang penting dan tidak tergantikan. Tidak peduli berapapun usia Anda.

 

Informasi :

 www.inharmonyclinic.com

 

In Harmony Clinic

Jl. Percetakan Negara IVB no 48, Jakarta

021 4248790 / 021 4220214 BBM PIN:7CB4157B