Affandi Sang Maestro Seni Lukis

27-02-2017 09:02:33 By Iwan Inkiriwang
img

Jakartavenue| Dunia mempunyai beberapa tokoh seni lukis terkenal yang pernah menghasilkan karya-karya besar dalam dunia seni lukis. Salah satunya adalah Leonardo Da Vinci dengan karyanya yang melegenda yaitu lukisan Monalisa. Nah berbicara mengenai seni lukis, Indonesia juga mempunyai beberapa legenda seni lukis yang salah satunya adalah Affandi.

Affandi Koesoema adalah nama lengkap Affandi, salah seorang legenda seni lukis Indonesia bergaya abstrak dan romantisme. Bahkan Affandi adalah seorang maestro lukis yang dikenal sebagai pelukis yang termasuk paling produktif. Karena hingga akhir hayatnya diketahui bahwa ada sekitar 2.000 buah lukisan karya Affandi, yang sebagian besar pernah dipamerkan diberbagai negara seperti Inggeris, Belanda, dan India.

Affandi adalah pelukis kelahiran Cirebon tahun 1907, anak dari seorang mantra ukur di pabrik gula yang bernama R. Koesoema. Sebelum terjun kedunia lukis Affandi adalah seorang guru yang juga bekerja sebagai penjaga karscis di sebuah bioskop di kota Bandung. Namun karena jiwa seni lukisnya dia tidak lama bekerja, bahkan dengan bakat lukisnya yang kental mengalahkan semua mata pelajaran lainnya.

Bersama Hendra Gunawan, Barli, Sudarso, dan Wahdi, Affandi tergabung dalam lima Kelompok Pelukis Bandung, bahkan kemudian Affandi dipercaya kawan-kawannya menjadi pimpinan dari kelompok ini. Hingga akhirnya pada tahun 1943, Affandi mengadakan pameran lukisan pertamanya di Gedung Poetra Djakarta saat bangsa Indonesia masih dalam pendudukan penjajah Jepang. Bakat melukis Affandi mengantarkannya mendapat beasiswa kuliah dengan mata kuliah melukis di India. Saat tiba di India, Affandi bukannya mendapat ilmu malah ditolak dengan alasan bahwa beliau sudah tidak memerlukan pendidikan lagi, hingga akhirnya Affandi mengambil inisaitif untuk menggunakan uang beasiswanya untuk mengadakan pameran keliling India.

Singkat cerita, hingga usia senja bahkan mendekati akhir hayatnyapun Affandi masih aktif menelurkan karya-karyanya diatas kanvas lukis. Inilah yang membuat Affandi menjadi legenda bersama dengan beberapa pelukis lainnya.