Sekarang Cat Rambut Bisa Berubah Warna Dari Awalnya Hanya Warna Gelap, Begini Sejarah Tentang Cat Rambut

26-02-2017 07:02:33 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Zaman modern saat ini sudah menjadi hal yang wajar bila kita melihat seseorang mewarnai rambutnya dengan berbagai warna untuk tampil beda dan tentunya modis. Cat rambut sejatinya diperkenalkan ke dunia pada 1909 oleh Eugène Schueller, setelahnya Ia mendirikan perusahaan kosmetik L’Oréal.

Namun sepertinya selain Eugene, menurut para arkeolog ternyata pewarna rambut telah digunakan jauh sebelum itu, yaitu sejak masa Neanderthal. Manusia pada saat itu mewarnai rambutnya untuk menandakan status social mereka, bahkan orang Babilonia menggunakan debu emas untuk mewarnai rambut mereka.

Beda lagi pada zaman Mesir Kuno, dimana orang-orang pada masa itu menggunakan tanaman dan hewan sebagai bahan pewarna rambut biasa digunakan untuk menggelapkan rambut. Bukan hanya orang-orang Mesir Kuno, tetapi bangsa Yunani dan Romawi juga menggunakannya.

Bergeser era tahun 1800 pewarna rambut menggunakan bahan dari perak nitrat yang membuat rambut pemakainya mejadi gelap hingga berwana ungu. Warna ungu tersebut sekaligus menjadi cikal bakal penemuan pewarna rambut sintetis pertama yang akhirnya ahli kimia menemukan para-fenilendiamin (PPD) dan penggunaannya dalam pembuatan zat warna sintetis.

Pada era yang sama tahun 1800 tersebut ditemukan pula hydrogen peroksida dan dinyatakan sebagai bahan kimia yang aman dan lembut untuk digunakan sebagai pewarna rambut. Berdasar kedua penemuan itulah yang membuat Eugene Schueller menciptakan cat rambut komersial pertama lalu kemudian diberi nama “Aureole”.

Semakin kesini teknologi berkembang pesat dan cepat. Jika dahulu mewarnai rambut hanya bisa menggelapkan dan cuma kalangan tertentu saja, beda lagi dengan masa sekarang yang begitu mudahnya orang mewarnai rambut dengan berbagai warna dan jenis pewarna serta bukan lagi sebagai penanda status social, karena siapapun bisa membeli dan menggunakannya.

Malah saat ini jenis pewarna rambut semakin canggih pula, jika sebelumnya kita telah mengenal warna rambut yang menyala dalam kegelapan. Sekarang telah ada pewarna rambut yang membuat warna rambut penggunanya berubah-ubah.



Perubahan warna rambut itu dipengaruhi oleh kondisi cuaca atau suhu lingkungan sekitar. Apabila suhu menghangat maka perlahan-lahan warna rambut berubah menjadi kemerahan seperti api, namun jika suhu udara rendah atau dingin, warna cerah akan memudar.

Adalah Lawren Bowker, yang dilansir Bored Panda telah mengkreasikan cat rambut pertama di dunia yang bisa berubah setiap waktu yang dipicu oleh cuaca dan suhu lingkungan. Tak disebutkan menggunakan bahan apa untuk membuat cat rambut keren itu yang pasti cat rambut ini diprediksi akan menjadi tren 2017.