Ini Sebab Mengapa Google Tampilkan Doodle Taman Ujung Kulon

26-02-2017 04:02:13 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Taman Nasional Ujung Kulon terletak di ujung barat pulau Jawa, Indonesia. Ditetapkan sebagai taman nasional pada 1921 oleh pemerintah kolonial Belanda saat itu, dan menjadi Taman Nasional pertama yang diresmikan di Indonesia. Barulah pada tahun 1991 diakui dan diresmikan sebagai  warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO.

Kawasan Taman Nasional ini juga termasuk di dalamnya wilayah Krakatau serta pulau-pulau kecil yang berada di sekitarnya, sehingga total tempat ini memiliki luas sekitar 122.956 Ha; (443 km² di antaranya adalah laut), yang dimulai dari tanjung Ujung Kulon sampai dengan Samudera Hindia.

Apa saja habitat yang terdapat dalam kawasan ini? Di dalam TN Ujung Kulon banyak sekali terdapat jenis flora dan fauna. Untuk flora ada terdapat tanaman rotan, kayu gaharu, kayu cempaka, anggrek, mangrove, dan masih banyak yang lainnya.

Taman Nasional Ujung Kulon juga memiliki berbagai jenis satwa liar baik yang endemic maupun dilindungi, yang diantaranya adalah Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus), Owa Jawa (Hylobates moloch), Surili (Presbytis aigula) dan Anjing hutan (Cuon alpinus javanicus).

Hari ini Minggu 26 Februari 2017, Taman Nasional Ujung Kulon sedang berulang tahun yang ke 25. Google bahkan membuat doodle dua ekor Badak Jawa khusus untuk merayakannya. Kenapa Badak Jawa yang dijadikan doodle? Hal ini dikarenakan sebagai bentuk peduli dan dukungan terhadap pelestarian hewan mamalia bercula yang keberadaannya sangat mengkhawatirkan bahkan kritis, yaitu hanya sekitar 50 sampai 60 ekor saja yang hidup di Taman Nasional Ujung Kulon ini.

Sebelum menjadi Taman Nasional, Ujung Kulon merupakan daerah pertanian pada beberapa masa, kemudian daerah tersebut hancur akibat letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883. Selain menghancurkan daerah pertanian, letusan  tersebut menghasilkan gelombang tsunami setinggi 15 meter yang membuat banyak tumbuhan dan hewan mati, termasuk Badak Jawa yang sekarang sangat langka.