Mau Bikin Event di Taman Jakarta? Ini Prosedurnya

22-02-2017 11:02:39 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Diantara gedung-gedung perkantoran bertingkat dan pusat perbelanjaan yang merajalela, untungnya kota metropolitan Jakarta ini masih mempunyai beberapa fasilitas umum berupa taman yang bisa dinikmati. Setidaknya beberapa taman yang dulunya terlupakan, sekarang direnovasi kembali supaya bisa digunakan oleh masyarakat. 

Dan tak jarang warga ibukota menjadikan taman sebagai sarana tempat berkumpul untuk melakukan berbagai macam kegiatan, mulai dari sekedar kumpul bareng teman-teman atau juga kegiatan yang bersifat lebih besar semacam pameran dan pertunjukan musik.

Namun sebagai fasilitas umum yang dikelola oleh Pemerintah Daerah Jakarta dibawah Dinas Pertamanan dan Pemakaman Umum masyarakat tidak boleh menggunakan taman-taman tersebut secara sembarangan.

Bagi yang berniat ingin mengadakan kegiatan yang terbilang agak besar atau mengundang keramaian sebelumnya perlu meminta ijin dulu. Tapi tidak perlu khawatir proses perijinan tidak serumit yang dibayangkan.

Calon pengguna hanya perlu mengajukan surat ke kelurahan dimana letak taman tersebut berada. Misalnya, di taman menteng pengguna harus memasukan surat ke kelurahan menteng. Format surat pun sederhana cukup mencantumkan Surat Pernyataan Izin Pemakain Lokasi Taman dan Jalur Hijau yang ditanda tangani oleh penanggung jawab kegiatan. surat juga dilampirkan data kegiatan yakni waktu, lokasi yang digunakan, nama acara, perkiraan jumlah peserta dan rundown acara.

Lantas surat dimasukan ke pelayanan satu pintu yang berada di kelurahan. setelah diproses ijin kurang lebih keluar dalam waktu 2 minggu.