Mengintip Penggila Onthel di Jakarta

22-02-2017 08:02:23 By Addo Richard
img

JakartaVenue | Sepeda Onthel atau juga disebut sebagai sepeda unta, sepeda kebo, atau pit pancal adalah sebuah tipe sepeda standar dengan ban ukuran 28 inchi yang biasa digunakan oleh masyarakat perkotaan sampai akhir tahun 1970-an. Sepeda onthel mengacu pada sepeda desain Belanda yang bercirikan posisi duduk tegak dan memiliki reputasi yang sangat kuat dan berkualitas tinggi.

Di Indonesia, masyarakat umum menggunakan sepeda model ini untuk transportasi dan sebagai kendaraan pribadi selayaknya sepeda motor jaman sekarang dizaman sebelom tahun 1970an. Sepeda ontel umum dipakai oleh masyarakat perkotaan Indonesia dari zaman penjajahan Belanda hingga tahun 1950an-1960an-1970an. Setelah tahun 70an keatas hingga tahun 2000an, masyarakat sudah mulai menggunakan sepeda motor.

 

Di Jakarta, ada sebuah perkumpulan penggemar sepeda lawas atau sepeda ontel. Perkumpulan yang diberi nama Komunitas Ontel Batavia (Koba) ini pertama kali dibentuk pada Agustus 2005 dan hingga kini, KOBA memiliki anggota sebanyak 500 orang. Dan uniknya, komunitas yang bermarkas di Gedung Joeang 45 Menteng tak hanya menggunakan sepeda onthel saja, para anggotanya juga berpakaian unik, mulai dari baju daerah, baju tentara jaman dahulu, hingga berdandan seperti masyarakat Eropa dahulu kala.

Menurut Ketua Umum Koba, John Fawzi, meski memakai nama Batavia, anggota Koba tidak hanya terbatas warga Ibu Kota. Banyak penggemar sepeda antik dari berbagai daerah seperti dari Aceh dan Padang ikut bergabung bersama Koba.

 

Sumber : berbagai sumber