Gunakan Cara Ini Untuk Mengatasi Mata Silinder

21-02-2017 02:02:51 By Addo Richard
img

JakartaVenue | Mata Silinder atau Astigmatisma adalah sebuah gejala penyimpangan dalam pembentukkan bayangan pada lensa, hal ini disebabkan oleh cacat lensa yang tidak dapat memberikan gambaran/ bayangan garis vertikal dengan horizotal secara bersamaan. Astigmatisma adalah cacat optik di mana penglihatan kabur karena ketidakmampuan optik mata untuk fokus benda titik menjadi gambar terfokus tajam pada retina. Hal ini mungkin disebabkan oleh kelengkungan tidak teratur atau toric dari kornea atau lensa. Kedua jenis Silindris yang teratur dan tidak teratur.

Pada penderita mata silinder, kornea mengalami ketidaksempurnaan bentuk. Kornea seharusnya memiliki bentuk cembungan yang sempurna, menyerupai lengkungan pada bola. Pada mata silinder, cembungan bola mata menyerupai bola rugbi.

Tanda dan gejala paling umum yang dirasakan penderita mata silinder adalah penglihatan kabur atau berbayang. Penderita menjadi sering memicingkan mata ketika melihat jauh maupun dekat. Selain itu, penderita mata silinder umumnya kesulitan membaca tulisan yang kecil. Sakit kepala, mata tegang, dan lelah setelah membaca atau memakai komputer adalah beberapa keluhan yang mungkin muncul jika kondisi ini tidak diobati.

Mata Silinder tidak berarti tidak bisa disembuhkan. Teknologi sekarang dengan menggunakan operasi laser sudah bisa membuat mata silinder menjadi normal kembali. Bagaimana cara mengatasi gangguan Astigmatisma ? 

Operasi LASIK
Melalui prosedur ini, bentuk kornea diubah dengan laser. Awalnya lapisan permukaan kornea dibuka (flap) menggunakan alat khusus yang disebut keratom. Selanjutnya laser digunakan untuk mengubah bentuk lapisan kornea di bawah lapisan yang dibuka tadi. Flap kemudian ditutup kembali.

Menggunakan kacamata
Dengan menggunakan lensa yang didesain khusus, kacamata adalah cara paling mudah untuk mengoreksi penglihatan kabur atau berbayang akibat mata silinder.

Menggunakan lensa kontak
Prinsip lensa kontak sebenarnya sama dengan kacamata. Pemilihan yang tepat antara kacamata atau lensa kontak sangat tergantung pada selera penderita. Agar tidak salah pilih, pastikan berkonsultasi dengan dokter mata.

Menggunakan Suplemen Mata

Penyakit Mata Silinder bisa juga disebabkan kurang zat atau gizi yang di konsumsi oleh mata kita. Suplemen mata sudah banyak beredar di toko obat atau apotek. pilihlah suplemen mata sesuai dengan petunjuk dokter

Melakukan Olah Raga Mata

Lakukan olah raga mata setiap hari terutama pada pagi dan sebelum tidur. Olar raga ini bertujuan melatih mata agar lentur dan membuka mata agar mendapat oksigen yang cukup. caranya dengan menggerakkan mata ke kiri dan ke kanan, kemudian pandangan lurus ke depan selanjutnya tekan kedua pelipis mata kanan kiri dengan kedua tangan anda, pijat memutar searah jarum jam, kemudian pijit perlahan bagian belakang bawah kepala.