Anda Terganggu Dengan Gigi Sensitif? Ini Tips Mengatasi Gigi Ngilu Secara Alami

20-02-2017 06:02:18 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Bila kita memiliki gigi yang sensitive tentu akan mengurangi kenikmatan dalam menikmati makanan atau minuman bahkan akan mengganggu aktivitas bersantap Anda. Ada beberapa faktor yang menyebabkan gigi kita menjadi ngilu, misal dari faktor eksternal yaitu saat mengkonsumsi makanan atau minuman dingin, atau dari dalam seperti gigi berlubang, radang pada gusi dan bisa juga karena menyikat gigi yang terlalu kuat.

Dalam mengatasi gigi ngilu ada beberapa cara, baik secara medis maupun alami. Jika Anda memilih jalur medis pastinya disarankan untuk memeriksakan ke dokter gigi tentang keluhan dan gejaka pada gigi Anda, dan biasanya dokter akan memberikan beberapa seperti solusi menggunakan pasta gigi dengan formula khusus untuk gigi sensitive, atau mengolesi gigi Anda dengan fluoride dan meresepkan untuk digunakan di rumah, melakukan bedah gusi, dll.

Selain memeriksakan ke dokter, juga ada solusi dengan cara alami, berikut mengatasi gigi ngilu secara alami:

Pertama

Kurangi makanan dan minuman yang mengandung asam seperti soda, yogurt, atau jeruk sitrus. Hal ini karena dapat mengakibatkan terkikisnya email gigi secara terus menerus. Untuk mengurangi risiko ini, minumlah dengan menggunakan sedotan.

Kedua

Meminum air mineral akan menormalkan kadar asam di mulut setelah mengkonsumsi susu juga minuman atau makanan berasam.

Ketiga

Sebisa mungkin hindari atau kurangi makanan yang manis seperti cokelat atau biskuit, karena biasanya akan menyisakan sisa makanan di sela-sela gigi sehingga bisa mengakibatkan gigi berlubang yang merupakan pemicu gigi ngilu.

Keempat

Berkumurlah dengan menggunakan larutan air garam yang dapat membantu membersihkan mulut dari kuman dan kotoran.

Kelima

Hindari kegiatan mengasah gigi yang dapat menyebabkan gigi menjadi retak sehingga menyebabkan gigi sensitive.

Keenam

Cara ini sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan, yaitu memperhatikan kebersihan gigi yang dapat dilakukan dengan menyikat gigi dua kali sehari dengan bulu sikat yang lembut dan pasta gigi berfluoride