Awas! Phobia Bisa Datang Tanpa Kita Sadari

19-02-2017 11:02:20 By Iwan Inkiriwang
img

Jakartavenue | JV Readers pasti sering mengalami kekuatiran yang amat sangat, biasanya mengenai keluarga, pekerjaan, ataupun masa depan. Kekuatiran yang amat sangat ini dapat dikatakan sebagai ketakutan atau phobia dalam istilah medisnya. Banyak jenis phobia yang kita sering jumpai, seperti phobia ketinggian, phobia cahaya, dan lain sebagainya. Tetapi mungkin JV Readers tidak sadar bahwa phobia ini sering juga kita alami tanpa kita sadari dalam kehidupan sehari-hari. Phobia sedikit berbeda dengan kuatir, karena phobia dapat dikategorikan sebagai sebuah penyakit yang agak sulit pengobatannya. Karena phobia lebih mengarah pada kejiwaan/psikis seseorang, sedangkan kekuatiran lebih banyak dari faktor eksternalnya.

Bagi mereka yang menderita phobia ini seringkali menjadi bahan olokan ataupun bulan-bulanan dari lingkungan sekitarnya. Tetapi sekarang ini ternyata tanpa disadari banyak orang yang menderita phobia, seperti dilansir klikdokter.com trend phobia ini bisa bermacam-macam anatarlain:

Ketakutan saat tidak memegang handphone – Nomophobia

Adalah orang yang sering ketakutan saat dia sedang tidak memegang handphone atau gelisah saat handphonenya rusak atau tertinggal. Hal ini disebabkan orang sekarang banyak ketergantungan sama handphone.

Takut akan hujan – Ombrophobia

Ketakutan akan hujan ini membuat seseorang menjadi tidak rasional. Dalam banyak penelitian biasanya ketakutan ini terbawa dari masa kecil yang sering ditakut-takuti oleh orang tua agar tidak main hujan-hujanan.

Takut akan lubang – Trypophobia

Hal ini terjada saat seseorang melihat suatu benda yang memiliki banyak lubang, seperti sarang lebah. Bukan takut akan disengat, tetapi takut melihat banyak lubang pada sarang lebah tersebut. Orang yang mengalami trypophobia akan mengartikan lubang dengan bahaya.

Ketakutan saat terbang atau naik pesawat – Aviophobia

Hampir mirip dengan phobia ketinggian, namun hanya terjadi bila akan naik pesawat. Karena dalam pikirannya selalu terbayang kecelakaan pesawat seperti akan terjatuh, meledak, dan sebagainya. Semua diartikan dengan kematian.

Nah JV Readers, bila kalian mengalami ketakutan terhadap suatu benda atau keadaan tertentu bisa jadi anda sedang mengalami phobia. Memang kejadiannya tidak anda sadari, tetapi bisa dipelajari bila hal tersebut berlangsung secara sering atau berulang-ulang. Bila demikian, segeralah konsultasi dengan ahlinya.