Kolesterol Kawan Atau Lawan? Berikut Penjelasannya

19-02-2017 07:02:40 By Addo Richard
img

 JakartaVenue | Tingginya kadar kolestrol dalam tubuh menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit. Pola makan sehat merupakan faktor utama untuk mengghindari hal ini. Akan tetapi, tidak semua kolestrol berdampak buruk bagi tubuh. Hanya kolestrol yang termasuk kategori LDL saja yang berakibat buruk sedangkan jenis kolestrol HDL merupakan kolestrol yang dapat melarutkan kolestrol jahat dalam tubuh.

Sebenarnya 70 persen Kadar Kolesterol dipengaruhi oleh Enzim Tubuh di Hati, tetapi Lemak Jenuh Berantai Panjang akan memperburuk Kadar Kolesterol dan terutama Lemak Trans yang Berantai Menengah, tetapi bersifat Stabil, tidak mudah/dapat memecah menjadi Rantai Pendek. Oleh karena itu di beberapa Negara Bagian di AS, makanan ringan (snack) dan juga Restoran Cepat Saji, harus mencantumkan Kalori Total, Kalori dari Lemak dan juga Kadar TransFat.

Dibalik pengaruh buruk tingginya kolesterol, faktanya tubuh tetap memerlukan kolesterol. Selama makanan yang kita makan alami, tidak banyak mengandung bahan kimia serta tidak berlebihan, tidak perlu di risaukan dengan keberadaan kolesterol ini. Karena pada dasarnya kolesterol juga berguna bagi tubuh :

Membantu pembentukan vitamin D

Vitamin merupakan komponen penting yang ada dalam tubuh manusia. Salah satu fungsi vitamin adalah untuk membentuk tulang dan gigi serta mengukuhkannya. Tubuh bisa mendapatkan manfaat vitamin D sendiri (dibuat dalam tubuh). Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kolesterol untuk membantu memproduksi keberadaan vitamin ini.

Membantu penyerapan kalsium

Mineral yang ada di dalam tubuh, namun berasal dari luar tidak bisa di serap langsung. Maka perlu ada zat atau bahan tubuh yang membantu dalam penyerapan manfaat kalsium tubuh. Salah satunya dengan di bantu oleh kolesterol. Caranya adalah kolesterol memproduksi vit D yang di gunakan di dalam tubuh. Kemudian dari vitamin D itu tadi, yang membantu tubuh untuk membantu penyerapan kalsium.

Membantu pembuatan hormon

Hormone yang ada di dalam tubuh sangat di gunakan sebagai katalisator. Hormone secara mutlak di gunakan untuk membantu tubuh menjalankan fungsinya. Seperti keberadaan hormon seksual yang membantu untuk mematangkan organ dan perkembangan seksual. Adanya hormon ini pula, wanita bisa mengalami menstruasi, laki laki mengalami mimpi basah. Wanita bisa melahirkan dengan normal, keluar asi (air susu ibu) dan lain sebagainya.

Memperlancar metabolisme tubuh

Kolesterol yang ada di dalam tubuh berguna untuk membantu memperlancar metabolisme tubuh. Bagaimana caranya? Yakni dengan kolesterol mampu memproduksi hormon korteks adrenal. Dari hormon ini ternyata memiliki peranan yang penting untuk membantu metabolisme tubuh. Dengan metabolisme yang lancar, maka tubuh anda bisa memproduksi zat zat yang di gunakan tubuh dengan baik. Biasanya berimbas pada kekebalan tubuh yang baik, penyerapan zat yang maksimal, dan lain sebagainya.

Membantu membangun kekebalan tubuh

Meskipun hanya berperan sedikit, siapa sangka kolestrol juga mampu berguna untuk membangun kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh ini juga berdasarkan dengan kualitas hormon, pembentukan vitamin, serta penguatan membran sel yang  menopang kesehatan tubuh manusia

Menjaga kebersihan pembuluh darah arteri

Adanya kolesterol baik atau biasa di sebut dengan HDL juga sangat bermanfaat untuk tubuh. Misalnya dengan menjaga keadaan dan kebersihan pembuluh darah arteri. Jika pembuluh darah arteri masih dalam keadaan bersih, maka akan terhindar dari resiko kemungkinan penyakit jantung koroner dan stroke yang merupakan salah satu penyakit degenerative.

Tidak ada salahnya Screening Kolesterol mulai pada usia 9 tahun, cukup Pemeriksaan Kolesterol Total saja dan jika Kolesterol Totalnya melebihi 200, maka perlu lanjutan Pemeriksaan Kolesterol LDL (HDL tidak perlu dulu) dan juga Pemeriksaan Triglyceride.