Ini Yang Menyebabkan Pengobatan Kanker Mahal

16-02-2017 09:02:38 By Iwan Inkiriwang
img

Jakartavenue | “Sehat itu Mahal” adalah sebuah slogan yang mungkin sering kita dengar. Tapi JV Readers pahamkah akan arti slogan ini dengan pasti? Definisinya kurang lebih adalah bahwa kita harus memperhatikan dengan sebaik-baiknya kesehatan kita, karena bila jatuh sakit maka biaya yang akan kita keluarkan pastilah mahal dan tidak sedikit. Ada beberapa jenis penyakit yang sangat memerlukan biaya yang cukup besar, belum lagi risiko dari penyakit tersebut apakah bisa disembuhkan atau tidak.

Kanker adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya, belum lagi biaya yang sangat besar dalam penanganan penyakit kanker ini. Tambah lagi ada beberapa jenis kanker yang tidak mudah untuk disembuhkan. JV Readers, tahukah kalian bila seseorang terkena kanker bisa membuatnya kehilangan semua yang dia punya mulai dari harta benda bahkan nyawanya. Bisa kita lihat sendiri belakangan banyak kalangan selebritis yang mengalami penyakit kanker ini. Nah yang jadi pertanyaannya adalah kenapa biaya penyakit kanker ini bisa sangat mahal? Apakah obatnya? Atau alat yang ada di rumah sakit terbatas?

Kanker adalah penyakit nomor dua di dunia yang mematikan setelah serangan jantung atau stroke. Penyakit yang disebabkan oleh adanya sel kanker yang merupakan sel yang tidak normal yang ada di dalam tubuh hampir setiap manusia. Pertumbuhan sel kanker ini banyak sekali faktor pemicunya seperti pola makan dan pola hidup yang tidak sehat serta faktor genetika atau keturunan.

Masalahnya adalah deteksi terhadap penyakit ini masih sangat kurang disadari oleh setiap orang. Penyakit kanker memiliki banyak jenis dan ada yang jinak serta ada pula yang ganas. Seperti dilansir oleh klikdokter.com bahwa yang membuat biaya penyakit kanker ini mahal adalah seberapa parah penyakit ini diderita oleh seseorang. Bila sejak awal diketahui seseorang mengidap kanker langsung diobati mungkin biayanya tidak akan mahal, namun bila kanker diketahui setelah masuk fase atau stadium yang tinggi bahkan parah, hal inilah yang membuat kanker memiliki biaya pengobatan yang mahal. Diperkirakan penanganan penyakit ini bisa sampai ratusan juta rupiah.

Jadi dapat disimpulkan bahwa mahalnya pengobatan kanker ini tergantung parah atau tidaknya kanker yang diderita seseorang. Bila saat berobat, seseorang sudah mencapai stadium atau tingkat parah maka pengobatannya juga harus bertahap, misalnya diagnosa awal yang bisa menelan biaya sampai 10 jutaan. Apabila harus menjalani operasi (perkiraan biaya sekitar 30 jutaan) kemudian terapi berupa kemoterapi dan radiasi yang bisa berkali-kali dengan harga yang tidak murah (sekitar 2-6 juta sekali kemoterapi). Inilah JV readers yang dimaksud dengan sehat itu mahal, karena biaya saat kita menderita sakit inilah yang membuat kita harus selalu menjaga kesehatan kita.