Nyeri Otot Setelah Berolahraga, Begini Cara Mengatasinya

13-02-2017 09:02:54 By Iwan Inkiriwang
img

Jakartavenue | Rajin berolahraga tentunya sangat baik bagi kesehatan jasmani/fisik seseorang, Namun jika berolahraga terlalu berlebihan juga tidak bagus bagi kesehatan. Jadi bagaimana olahraga yang baik dan benar agar tidak mengganggu kesehatan? Dan dimana letak keburukan olahraga bagi kesehatan? Mungkin JV Readers banyak yang bingung mengenai hal ini, Disatu sisi olahraga baik namun disatu sisi lagi bruk bagi kesehatan .

Olahraga memang sangat baik dan diperlukan agar stamina kita tetap terjaga dan bugar. Namun ada aturan yang harus diperhatikan agar olahraga yang kita lakukan tidak malah merugikan kita. Aturan disini adalah teknik maupun pengetahuan dasar mengenai olahraga itu sendiri, misalnya olahraga yang sederhana seperti lari atau jogging. Teknik dasar dari lari yang harus kita perhatikan misalnya pemanasan atau peregangan otot terlebih dahulu, terutama otot-otot pada pangkal paha sampai keujung kaki. Mengapa? Karena bila kita tidak memperhatikan hal ini, salah-salah bukanya sehat malah nyeri otot atau kram kaki yang kita dapat.

Bukan hanya lari saja tetapi semua jenis/cabang olahraga apapun dapat beresiko seseorang mengalami nyeri otot. Lantas bagaimana bila ini tetap kita alami meskipun sudah melakukan pemanasan? Sebenarnya tidaklah sukar untuk melakukan terapi atau pengobatan apabila kita mengalami nyeri otot saat atau setelah ber-olahraga, bahkan bisa kita lakukan sendiri tanpa harus ke ahli urut. Seperti dirilis klikdokter.com ada beberapa cara yang dapat kita lakukan, antara lain:

Obat anti nyeri

Obat-obatan anti nyeri yang dapat bermanfaat untuk menghilangkan nyeri. Ada obat-obatan untuk nyeri yang dapat dikonsumsi atau dioleskan pada bagian yang nyeri. Namun hati-hati karena banyak obat-obatan yang juga dapat menimbulkan efek samping dan palsu.

Pijat/urut

Untuk pijatan atau urut yang benar akan dapat efektif untuk melancarkan aliran darah dan memberikan relaksasi. sehingga rasa nyeri tersebut akan berangsu-angsur hilang.

Kompres

Selain dua cara diatas juga bisa dilakukan dengan menggunakan kompres air hangat dan air dingin. Kompres dengan air hangat dapat membuat otot-otot rileks. Sedangkan kompres yang dilakukan dengan air dingin berguna mengurangi aliran darah ke otot yang sedang tegang.

Nah bila sudah dilakukan langkah-langkah diatas masih juga belum ada perubahan haruslah segera kedokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.