Ternyata Rumput Fatimah Berbahaya Bagi Wanita Hamil

11-02-2017 11:02:59 By Iwan Inkiriwang
img

Jakartavenue| Wanita hamil umumnya sering mendapatkan berbagai masalah, terutama saat mendekati persalinan. Hal ini bisa terjadi akibat beberapa faktor seperti janin sungsang, pinggul terlalu kecil, dan lain sebagainya. Bahkan tidak sedikit yang biasanya mengalami pendarahan. Biasanya kalau sudah begini banyak yang mengambil jalan pintas dengan melakukan operasi cesar. Namun ada pula yang memilih pengobatan/terapi tradisional dengan jamu-jamuan. Bicara tentang jamu, JV Readers pasti pernah dengar tumbuhan yang bernama Rumput Fatimah. Rumput Fatimah ini bagi kebanyakan orang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk pada wanita hamil.

Tanaman yang berasal dari Negeri Jiran (Malaysia) ini juga banyak ditemui/tumbuh di pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Menurut penelitian yang dilakukan di Malaysia, tanaman rumput Fatimah ini dipercaya dapat membantu meningkatkan kontraksi pada otot Rahim saat akan melakukan persalinan. Namun dari berbagai penelitian medis yang dilakukan ternyata rumput Fatimah ini sangat berbahaya dan dilarang, karena adanya zat yang dapat memicu terjadinya pendarahan.

Hasil penelitian medis secara jelas mengatakan bahwa ada zat aktif dalam rumput Fatimah yang sulit diukur dan diketahui dosisnya. Hal inilah yang dapat membahayakan bila dikonsumsi oleh wanita hamil, karena selain tidak diketahui dosis tepatnya rumput Fatimah juga dapat menyebabkan kontrasi yang berlebihan dan bervariasi. Kontraksi yang berlebihan ini dapat mengakibatkan dinding Rahim mengalami robekan atau dalam istilah medis dikenal dengan uterine rupture, yang mengakibatkan terjadinya pendarahan hebat. Selain mengalami pendarahan hebat, juga dikuatirkan dapat mengancam keselamatan bayi yang ada di dalam kandungan.

Jadi JV Readers, berhati-hatilah bila ingin mengkonsumsi obat-obatan atau jamu tradisional, bila kita tidak paham tentang ramuannya sebaiknya jangan di konsumsi, atau mintalah petunjuk sejelas-jelasnya tentang produk tersebut. Contohnya rumput Fatimah ini, dunia medis melarang wanita hamil mengkonsumsinya. Karena bermaksud membantu kontraksi pada saat persalinan malah mengakibatkan pendarahan, bahkan mengancam keselamatan ibu atau bayi yang ada dalam kandungan.(sumber: kutipan dari klikdokter.com)