15 Februari, Valentine's Day for Jomblo

07-02-2017 04:02:59 By Addo Richard
img

JakartaVenue | Meski tidak selalu tentang pasangan, namun Valentine's Day selalu dikaitkan dengan perasaan sayang dan cinta terhadap pasangan. Tak sedikit pasangan yang menjadikan Valentine sebagai momen yang menurut mereka sakral. Lalu bagaimana dengan mereka yang tidak memiliki pasangan or jomblo ? Seperti apa mereka memaknai hari kasih sayang ? 

Single Awareness Day (SAD) yang artinya Hari Kesadaran/Apresiasi Para Jomblo/Single adalah hari libur humoris, dirayakan pada tanggal 15 Februari, meskipun beberapa lebih memilih 13 atau 14. Ini berfungsi sebagai alternatif untuk Hari Valentine bagi orang-orang yang masih lajang. Menurut beberapa orang yang mengamati SAD, orang-orang yang melakukan acara SAD dikarenakan dendam kepada Hari Valentine.

Kegiatan umum selama Hari Kesadaran/Apresiasi Jomblo/Single meliputi, bepergian sendiri, menjadi sukarelawan, mengikuti kegiatan populer, mengumpulkan keluarga dan teman-teman, dan memberi hadiah untuk diri sendiri. Salah satu kegiatan yang semakin populer adalah melakukan perjalanan ke Brasil dan menyaksikan Karnaval Brasil, ditambah dengan fakta bahwa Brasil tidak merayakan Hari Valentine pada tanggal 14 Februari, tetapi pada bulan Juni. Kedua faktor tersebut memberikan liburan sementara dari liburan Valentine dan menggantikannya dengan perayaan lain.

Pada Hari Kesadaran/Apresiasi Para Jomblo/Single banyak orang memakai pakaian berwarna hijau, karena dianggap ’berlawanan’ dengan merah. Pilihan lain yang populer adalah adanya warna hitam untuk melambangkan tidak adanya perayaan.