Salah Memasak Nasi Beresiko Penyakit Diabetes

06-02-2017 03:02:11 By Iwan Inkiriwang
img

Jakartavenue | Nasi merupakan makanan pokok penduduk Indonesia. Nasi yang kita ketahui selama ini mungkin sekilas mudah untuk pengolahan dan penyajiannya. Dari macamnyapun nasi banyak jenisnya seperti nasi putih yang lazim kita konsumsi, kemudian ada nasi merah, da nada juga nasi kuning. Namun selama ini mungkin JV Readers tidak/kurang memperhatikan, bahwa ternyata untuk penderita penyakit diabetes harus tahu cara memasak nasi yang benar.

Perlu diketahui bahwa dalam secangkir beras yang akan kita masak menjadi nasi terkandung sekitar 200 kalori. Saat kita makan, nasi yang masuk kedalam tubuh akan mengubah karbohidratnya menjadi gula darah (glukosa). Bila saat proses metabolism tidak ada pembakaran maka akan menjadi lemak.

Jadi hal yang harus diperhatikan adalah bila kita mengolah nasi dengan cara yang salah, maka dikuatirkan dapat meningkatkan resiko timbulnya penyakit diabetes dan obesitas. Dalam proses pengukusan ini proses dari beras menjadi nasi akan mengalami proses kimiawi. Dan ternyata memasaka nasi dengan cara dikukus akan lebih baik dari memasak nasi dengan di goreng. Kenapa? Karena nasi yang digoreng (nasi goreng) akan memakan waktu lama bagi tubuh untuk mengubahnya menjadi gula darah (glukosa) yang akibatnya akan menimbulkan penumpukan kalori berlebihan. Bila terus menerus, maka akan menyebabkan obesitas.

Dikutip dari klikdokter, bahwa ada sebuah penelitian di Srilanka tentang bagaimana memasak nasi pulen, yang kita ketahui dapat menyebabkan tingginya kadar indeks glikemik yang berpengaruh pada tingginya kadar gula manusia. Cara ini adalah dengan menambahkan minyak kelapa sebanyak 3% dari total berat beras yang kita masak ke dalam air yang mendidih, baru kemudian masukan berasnya. Setelah tanak diamkan nasi selama 12 jam dikulkas sebelum kita mengkonsumsinya, atau dihangatkan kembali. Jadi JV Readers, jika kita salah dalam cara memasak nasi, maka akan meningkatkan resiko lebih pada timbulnya penyakit diabetes. Tapi dengan tahu cara pengolahan yang baik dan benar kalian dapat memasak nasi dengan tidak kuatir lagi akan beresiko terkena penyakit diabetes.