Ini Dia Sosok Bento dalam Lagu Iwan Fals

06-02-2017 01:02:23 By Addo Richard
img

JakartaVenue | Siapa sih yang tidak mengenal musisi serta legenda hidup musik tanah air, Iwan Fals. Segudang prestasi serta karyanya mengantarkan penyanyi bernama  lengkap Virgiawan Listanto pernah dinobatkan sebagai salah satu dari Asian Heroes oleh Majalah TIME pada tahun 2002. Penilaian ini diambil bukan hanya dari suara saja, Iwan Fals juga dinilai punya kharisma yang sangat kuat. Dia mampu menyihir dan menggerakkan penggemarnya. Banyak lagu-lagunya tentang protes sosial dan membongkar penyalahgunaan jabatan.

"Namaku Bento, rumah real estate, mobilku banyak harta melimpah, orang memanggilku bos eksekutif, tokoh papan atas, atas segalanya Asyik...!!" penggalan lagu dari Iwan Fals yang berjudul "BENTO" yang sangat populer ditelinga pecinta musik tanah air. Meski digambarkan sebagai konglomerat dan punya kuasa, sosok Bento bisa dibilang bertangan besi namun licik, karena memanfaatkan kekuasaannya untuk memperkaya diri sendiri (Korupsi) namun mencitrakan dirinya sebagai sosok yang seolah peduli dengan moral dan keadilan.

Namun siapa sangka ternyata sosok BENTO yang dimaksudkan ternyata nama ayam piaraan Iwan Fals seperti yang ia ungkapkan, "Tapi sesungguhnya dari saya sendiri, Bento itu nama ayam saya. Itu waktu saya pelihara ayam waktu jaman saya masih tinggal di Condet," kata Iwan Fals.

Pernyataan diatas menjadi jawaban dari sejumlah polemik yang mengaitkan sosok BENTO dengan tokoh politik tertentu, kendati sosok Iwan Fals dikenal sebagai salah satu musisi yang kritis dan vokal terhadap keadaan dan situasi yang terjadi di tengah masyarakat melalui syair-syair lagu yang dibawakannya.