Jangan Takut Makan Cokelat! Ini Manfaat Cokelat Bagi Tubuh

06-02-2017 01:02:54 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Hari Valentine pasti identik dengan cokelat. Cokelat dipilih banyak orang sebagai hadiah kepada yang disayang sebagai pertanda hari Valentine.Dari keromantisan hari kasih sayang itu ternyata masih ada rasa dihantui dengan efek negatif dari makan cokelat. Tapi tenang kali ini justru JakartaVenue akan membahas manfaat dari cokelat bagi kesehatan tubuh, sehingga kalian tidak usah khawatir di tanggal 14 nanti untuk mengkonsumsi cokelat.

Cokelat adalah kudapan yang dihasilkan dari biji kakao, biasa disajikan dalam bentuk minuman atau juga padat. Cokelat memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh yang harus diketahui masyarakat agar tidak lagi takut atau ragu untuk mengkonsumsinya, terlebih di hari Valentine nanti cokelat menjadi makanan kasih sayang. Berikut manfaat cokelat:

Menurunkan Risiko Diabetes

Berlawanan dari rumor yang berada di masyarakat bahwa cokelat bisa menyebabkan diabetes. Ternyata faktanya tidaklah demikian, cokelat yang berkualitas baik justru menurunkan resistansi insulin (factor risiko untuk diabetes), Menurut penelitian di Italia mengatakan orang yang mengkonsumsi cokelat hitam sebanyak 3 ons perhari selama 15 hari menunjukkan hasil resistansi insulin mereka menurun signifikan.

Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Menurut seorang peneliti dari John Hopkins pada University School of Medicine bernama Diane Becker, MPH, ScD dikatakan bahwa cokelat hitam dapat mengurangi risiko serangan jantung hampir sekitar 50 persen. Hal tersebut dilihat dengan membandingkan orang yang makan cokelat pembekuan trombosit dalam darah terjadi lebih lambat daripada mereka yang tidak. Proses itu penting karena ketika trombosit mengalami pembekuan dapat membentuk blok bekuan dalam darah yang mengakibatkan serangan jantung.

Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan zat flavonoid ini bertindak sebagai antioksidan alami dari coeklat, maka itu konsumsi cokelat menekan tekanan darah sistolik hingga dua poin.

Mengatasi Diare

Flavonoid dalam kakao akan mengikat protein yang berfungsi mengatur sekresi cairan dalam usus kecil dan hal tersebut berpotensi menghentikan diare.Hal tersebut diungkapkan oleh para ilmuwan di Rumah Sakit Anak Oakland Research Institute.

Menurunkan Berat Badan

Jika ada sebagian orang yang takut makan cookelat karena khawatir akan bertambahnya berat badan mereka. Faktanya diungkapkan lewat penelitian University of Copenhagen yang menghasilkan penemuan bahwa cokelat hitam dapat memberikan rasa kenyang yang lebih, dan itu berarti akan menekan nafsu makan segingga menurunkan berat badan.

Nah JV Readers tak perlu lagi takut untuk memakan cokelat pada saat Valentine, tapi juga perlu diingat untuk tidak terlalu banyak dalam mengkonsumsinya agar manfaat cokelat dapat dirasakan oleh tubuh kita.