Jangan Takut, Makan Malam Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

05-02-2017 01:02:02 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Jika selama ini Anda selalu didengungkan dengan kalimat sakti “makan malam bikin gemuk”, ternyata itu ungkapan tak berdasar. Memang jika kita makan pada malam hari aktivitas tidak terlalu banyak sehingga makanan yang masuk pun hanya akan sedikit yang terbakar. Beda dengan siang hari yang padat aktivitas hingga makanan pun banyak terbakar.

Namun sekali lagi mengurangi makan malam bisa menurunkan berat badan atau sebaliknya makan di malam hari akan membuat Anda gemuk itu masih jadi perdebatan, belum ada fakta yang menguatkan pendapat dan pernyataan tersebut.

Makan malam tidak akan membuat Anda menjadi gemuk jika makanan yang dipilih itu tepat. Tapi sebaliknya makan di siang hari jika makanan yang dimakan mengandung banyak lemak dan kalori malahan akan membuat Anda cepat gemuk.

Terlepas dari kekhawatiran makan malam, ternyata makan malam juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh lho. Berikut Tim JakartaVenue akan memberikan informasi tentang manfaat makan malam yang dihimpun dari berbagai sumber :

Membantu Pembentukkan Otot

Jika Anda sedang mempunyai misi ingin membentuk otot, nah makan malam lah salah satu solusinya. Dengan makan di malam hari maka pembentukkan otot menjadi lebih optimal, tapi ingat makanan yang harus dipilih adalah susu, telur yang direbus atau bisa juga telur mentah, yogurt, keju dan makanan kaya protein lainnya, serta terakhir air putih adalah kewajiban.

Mengontrol dan Menurunkan Gula Darah

Berdasarkan penelitian American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan, bahwa mengkonsumsi makanan yang rendah kalori dan gula saat malam dapat menurunkan kadar gula darah pada keesokan paginya. Hal tersebut sangat baik untuk penderita diabetes dan juga untuk Anda yang sedang bersusaha menurunkan berat badan.

Mencegah Asam Lambung

Ada yang bilang bahwa makan malam bisa menyebabkan penyakit maag atau asam lambung. Yang sebenarnya terjadi adalah, jika kita makan mempunyai jarak yang jauh dengan  waktu tidur maka kegiatan tersebut akan aman, namun jika kita makan dekat dengan waktu tidur atau malah habis makan langsung tidur maka hal inilah yang sebetulnya tidak boleh dilakukan dan dapat menyebabkan naiknya asam lambung.

Mengontrol Rasa Lapar

Dengan mengkonsumsi karbohidrat pada tengah malam dapat membantu mengendalikan rasa lapar. Sebab malam hari tubuh kita tidak banyak melakukan aktivitas sehingga energi pun tidak banyak keluar. Karenanya karbohidrat yang sudah masuk kedalam perut itu pun aman tersimpan, jadi pada saat pagi harinya Anda tidak akan merasa lapar dan hanya makan sedikit saat sarapan, rasa kenyang juga ikut bertahan sampai siang hari. Namun tetap harus memperhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh, dianjurkan untuk mengkonsumsi karbohidrat yang sehat seperti kentang rebus, alpukat, ubi rebus, pisang.