Kebudayaan Unik Yang Hanya Ada di Indonesia

04-02-2017 10:02:56 By Iwan Inkiriwang
img

Jakartavenue | Indonesia adalah bangsa yang besar dan kaya akan adat dan budaya, dengan ribuan pulau yang tersebar dari ujung Sabang sampai Merauke. Setiap daerah atau pulau dapat memiliki lebih dari satu kebudayaan, adat istiadat, dan tradisi. Maka dari itu banyak wisatawan mancanegara yang datang berkunjung selalu mengatakan rasa takjub, heran, bahkan keinginan untuk mempelajari berbagai kesenian, tradisi, dan kebudayaan yang ada di Indonesia ini. Nah berbicara mengenai kebudayaan ini, tim Jakartavenue ingin membagikan informasi mengenai beberapa kebudayaan terunik yang dimiliki bangsa kita, yang menjadi kebanggaan kita semua.

Berikut ini beberapa budaya unik yang hanya ada di Indonesia yang dikutip dari tentik.com, agar dapat menjadi referensi jika mungkin suatu saat JV Readers berkeinginan berkunjung ke daerah tersebut :

Upacara Kasada di Bromo

Merupakan upacara yang diadakan bagi Sang Hyang Widhi (Sang Pencipta) dengan memberi persembahan berupa sesajen dan dilakukan setiap bulan Kasada hari ke 14. Kebudayaan masyarakat asli Tengger ini dilkukan sebagai bentuk syukur akan panen yang melimpah dan juga kesembuhan dari segala macam penyakit.

Kesenian Debus dari Banten

Salah satu olahraga beladiri yang asli berasal dari Indonesia adalah pencaksilat. Nah kesenian Debus dari Banten ini adalah gabungan olahraga silat dengan seni pernafasan ala yoga untuk mendapatkan kekuatan secara bathin. Bagi orang yang awam seni Debus ini memang terlihat sedikit ekstrim, karena setiap pertunujukannya dibarengi  dengan atraksi-atraksi yang mengerikan seperti kebal senjata tajam, kebal terhadap bahan kimia berbahaya, dan sebagainya yang dapat memicu adrenalin.

Makepung dari Bali

Makepung bila diartikan dalam bahasa Indonesia adalah balapan kerbau. Seperti Karapan sapi di Pulau Madura, ini berawal dari sebuah permainan para petani di Pulau Dewata (Bali) yang sedang beristirahat usai membajak sawah. Karena semakin berkembangnya jaman dan peminatnya maka kegiatan ini menjadi seperti tradisi yang setiap tahunnya diselenggarakan sebagai event pariwisata bagi para turis.

Mapasilaga Tedong dari Toraja

Berbeda dengan di Bali yang melombakan balapan kerbau, Mapasilaga Tedong adalah lomba adu kerbau di Tana Toraja. Kegiatan adu kerbau ini dilakukan masyarakat Toraja dalam rangka memperingati pemakaman para leluhur mereka.

Kebo-Keboan dari Banyuwangi

Kebo-keboan ini adalah sebuah ritual yang diadakan setiap tahun dalam rangka meminta hujan saat musim kemarau dan ucapan syukur kala panen berhasil. Tradisi ini dilakukan para penduduk dari desa Alasmalang-Singojurun, Banyuwangi setiap tanggal 10 Suro.

Inilah beberapa kebudayaan unik yang hanya ada di Indonesia yang dapat juga menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan mancanegara datang berkunjung ke Indonesia yang kaya akan adat dan budayanya. Jadi JV Readers yang penasaran ataupun bangga dengan kebudayaan bangsa Indonesia yang kita cintai ini bisa mengagendakan sebagai destinasi wisata berikutnya ya.