Jakartavenue Week-enders List

03-02-2017 03:02:36 By Rasyid Hadi
img

Selamat datang akhir pekan! bagaimana aktifitas diawal februarimu? Tenang JakartaVenue telah menghimpun beberapa referensi yang bisa kamu datangi pada mingu ini serta ada beberapa acara yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi akhir pekanmu.

What to Do

Push The Button: a tribute to The Chemical Brothers

@intrrptd mengadakan showcase pertama untuk memulai tahun ini dengan  to The Chemical Brothers. Untuk kamu yang emang penggemar The Chemical Brothers, jangan kelewatan acara gokil yang satu ini. Datang berkumpul "Push The Button: a tribute to The Chemical Brothers" untuk menyanyibdan berdansa  dengan lagu lagu The Chemical Brothers dan big beat scene pada Jumat malammu , 3 Februari 2017 @thesafehouse, Jakarta. Mulai 21:00.

Acara ini akan dimeriahkan dengan performance dari DJ: Indra7, Ridwan G, Django. Tidak hanya itu acara ini akan dimeriahkan juga dengan Visual bersama SPCTRM

Pembukaan Pameran Menatap Sang - Liyan

Pameran ini menampilkan beragam arsip tentang kompleksitas perjalanan sejarah orientalisme dalam seni tari. Helly Minarti mengumpulkan arsip-arsip tersebut dari New York Performing Arts Library, French National Library, The Eye Museum (Amsterdam), Dansmuseet (Stockholm), Gaumont Pathé (Paris), Arsip Nasional Republik Indonesia dan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Jakarta) serta Indonesia Visual Art Archive (Yogyakarta). Pameran ini pertama kali dipesan oleh Asia Culture Theater di Gwangju, Korea Selatan, pada Oktober 2015.

Helly Minarti adalah seorang kurator tari independen di Jakarta. Ia menyelesaikan studi doktoralnya di Universitas Roehampton, London, Inggris. Selain sebagai Ketua Bidang Program Dewan Kesenian Jakarta selama dua periode, ia juga menguratori sejumlah festival dan pertukaran budaya sejak 2004.

Indonesian Fashion Week 2017

Dunia fashion di Indonesia saat ini sudah semakin berkembang, diiringi munculnya beragam kegiatan yang dilakukan tidak hanya sebatas di kota besar saja seperti Jakarta, tapi juga menyebar ke daerah. Industri fashion yang dikolaborasikan dengan pariwisata telah menjadi daya tarik budaya tersendiri. Pemerintah Indonesia dengan berbagai upaya tengah memprioritaskan pembangunan pariwisata di 10 destinasi unggulan. Kesepuluh tempat itu adalah Danau Toba, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Borobudur, Bromo-Tengger-Semeru, Mandalika, Labuan Bajo, Wakatobi, dan Morotai. Dalam menyambut program pariwisata unggulan tersebut ajang mode dan budaya tahunan, Indonesia Fashion Week (IFW) 2017 digelar kembali pada awal bulan Februari. Tema yang diusung kali ini adalah Celebration of Culture.  Tema tersebut sejalan dengan upaya Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) untuk terus mengembangkan dan mempromosikan kekayaan budaya Indonesia sebagai salah satu benteng ekonomi nasional. Keseluruhan rangkaian acara akan dikemas sedemikian rupa hingga dapat mewakili kekayaan khasanah budaya Indonesia. Acara yang digelar pada 1 hingga 5 Februari 2017 itu bakal dimeriahkan oleh ratusan pelaku bisnis fashion dan perancang mode dari berbagai penjuru Nusantara. Bertempat di area Jakarta Convention Center (JCC). Tahun ini IFW akan menampilkan 20 peragaan busana, 10 seminar, kompetisi dan lokakarya, 10 talk shows serta memamerkan ratusan merek lokal.

Indonesia Fashion Week kali ini menjadi perayaan budaya dengan memanfaatkan kearifan budaya lokal dalam konteks masa kini dan masa yang akan datang . Untuk kamu para pengagum industri fashion tanah air, jangan lupa untuk pergi ke IFW 2017 ya.

Where to Go

Berpetualang di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Sukabumi, Jawa Barat, mungkin dapat menjadi pilihan. Dibalik perjalanan yang cukup menantang, ada banyak kekayaan flora dan fauna serta keramahtamahan warga sekitar yang bisa kita temui. Taman nasional mempunyai luas 113.357 hektar dan merupakan kawasan konservasi yang terletak di 3 kabupaten di provinsi Jawa Barat :Bogor, Lebak dan Sukabumi. Perjalanan menuju taman nasional ini pun bisa ditempuh perjalanan Jakarta – Bogor yang kurang lebih sekitar 1 hingga 2 jam.

Mencoba Canopy Trail

  • Di TN Gunung Halimun terdapat jembatan gantung dari pohon ke pohon yg disebut Canopy Bridge.
  • Jembatan dengan panjang 125 meter, ditopang oleh 7 pohon besar berada di ketinggian 30 meter dari permukaan tanah. Maksimal jumlah orang yang bisa di tanggung kanopi adalah 5 orang sehingga bila lebih dari 5 orang harus bergantian.
  • Sayangnya saat ini (tahun 2011) Canopy Bridge sedang ada peninjauan kembali untuk kelayakan dipakainya guna keamanan pengunjung, sehingga untuk sementara waktu tidak dapat digunakan.

Trekking di jalur hutan
Bersama Pemandu khusus, kita akan diajarkan hal-hal baru seperti tanaman yang daunnya berbulu yang dapat menyebabkan gatal ketika disentuh, atau ada bambu hutan yang batangnya mengandung air yang segar dan dapat diminum, dll.

Melihat “The Glowing Mushroom” atau jamur yang menyala karena mengandung zat Fosfor (untuk kegiatan malam hari).

Mengunjungi air terjun Cimacan (terletak tidak jauh dari stasiun penelitian)
Yang harus diketahui saat berkunjung ke Air Terjun :

  • kalo trekking ke air terjun, jangan lupa untuk bawa baju ganti plus handuk dan peralatan mandinya
  • bawa/pakai autan/lotion anti nyamuk
  • bawa topi dan jas hujan
  • ransel sebaiknya di cover sama anti air supaya kalo hujan nggak kebasahan
  • amat disarankan untuk membawa trekking pole/ walking stick/ kayu yang kuat yang bisa dipakai untuk bantuan berjalan
  • bawa bekal nasi/ roti/snack & air mineral secukupnya jadi tidak kelaparan setibanya disana.

Movie To Watch

Tidak lama setelah Resident Evil: Retribution berakhir, peradaban manusia berada di ambang kepunahan setelah Alice (Milla Jovovich) dikhianati oleh Wesker (Shawn Roberts) di Washington D.C.



Alice harus pergi menuju Raccoon City dimana Umbrella Corporation akan membuat persiapan untuk memusnahkan populasi manusia yang masih tersisa. Dalam usahanya untuk menyalamatkan umat manusia dan membasmi tuntas semua kerumunan zombie, Alice harus bekerja sama dengan seseorang yang berada di luar dugaannya.